• Akan Dibangun Taman Wisata Embung Air Disepanjang Aliran Sungai Logawa

  • Berita  
  • 388 view  
  • 0 comments
  • Banyumas, BEDAnews.com

    Desa Jipang, Kecamatan Karanglewas yang terletak 7 km di sebelah barat pusat pemerintahan Kabupaten Banyumas, di dalamnya mengalir sungai Logawa dari arah utara ke selatan, di seputarnya masih di kelilingi oleh lahan persawahan dan tumbuhan hijau serta alami. Nun di sebelah utara tampak menjulang tinggi gunung Selamet yang bertengger dengan gagah dan indah.

    Menurut Kepala Desa Jipang, Darso (45) saat ditemui wartawan kemarin mengungkapkan, tidak lama lagi di sepanjang sungai Logawa tersebut akan dibangun sebuah taman rekreasi wisata embung air oleh Wastam pengusaha lokal Banyumas, pemilik sekaligus yang berhasil membangun taman rekreasi wisata air “Dreamland” di Desa Pancasan, Kecamatan Ajibarang, Kabupaten Banyumas sebelah selatan.

    Diperoleh keterangan, untuk merealisasikan program pembangunan wisata embung air, Wastam sudah melakukan berbagai upaya dan kordinasi dengan para tokoh masyarakat desa setempat termasuk muspika pada awal tahun 2016 dengan membentuk tim 9.

    “Sesuai prosedur tim 9 datang menemui kabag hukum Pemkab Banyumas untuk berkonsultasi terkait dengan penggalian air di Sungai Logawa kedalaman dua meter dibantu oleh penambang lokal,” jelas Kades Darso.

    Ditambahkan, rencana pembangunan taman wisata air ini 95% telah disetujui oleh warga desa bahkan siap memberikan dukungan membolehkan lahan asset desa seluas 4,8 bau atau 33 Ha disewakan kepada Wastam selama masa jabatan kades Darso yang tinggal 3 tahun lagi.

    Lebih jauh Kades Darso menjelaskan, lahan seluas 42 sangga atau 210 ubin milik warga setempat yang ada di desa Jipang selatan telah dibeli Wastam. “Wastam sendiri juga punya lahan di sepanjang aliran sungai Logawa di desa Jipang,“ ujar Darso.

    Upaya lain agar desa lebih aman, Wastam berinisiatif memindahkan atau menggeser aliran sungai Logawa itu ke sebelah timur lahan miliknya. “Jadi Wastam juga berperan serta ikut menata lingkungan desa menjadi lebih aman dan nyaman,” katanya seraya menambahkan, dua buah rumah milik warga desa  yang berada di pinggir sungai telah ditukar dengan dibuatkan rumah yang lebih permanen terletak di pinggir jalan, dengan ukuran luas tanah yang sama masing-masing 15 ubin dan 20 ubin, bila ditaksir nilai harganya mencapai dua kali lipat.

    Ditemui secara terpisah, Wastam SE, pengusaha muda asli kelahiran Kecamatan Jatilawang Banyumas membenarkan keterangan Kades Jipang Darso bahwa, dia ingin membangun taman wisata embung air di desa tersebut, untuk itu dia siap melakukan berbagai upaya termasuk melebarkan sungai Logawa dengan menggunakan lahan milikna yang berada di kanan dan kiri sungai, serta membuat bronjong dengan system terasering agar tebing sungai tidak abrasi atau longsor (Widoyo).

    Comments

    Nama  
    Email  
    Komentar  
    Komentar Anda akan muncul setelah disetujui oleh Admin
  • web design by javwebnet