• Ali Hasan Minta Pemprov Jabar Permudah Syarat Perbaikan Rutilahu

  • Berita  
  • 54 view  
  • 0 comments
  • Bandung, BEDAnews.com

    Meskipun Pemprov Jawa barat Bersama DPRD provinsi jawa barat telah menganggarkan perbaikan rumah tidak layak huni hingga 15 ribu pertahunya, tetapi masih banyak masyarakat yang tidak mampu untuk menjangkaunya,  hingga anggaran yang cukup besar itu tidak dapat terserap atau terlaksana secara maksimal.

    Hal ini diungkapkan H. Ali Hasan, S,Ip. Ketua Komisi IV DPRD Provinsi Jawa Barat  kepada wartawan pada saat melaksanakan kegiatan reses I tahun 2018 DPRD jabar di derah pemilihan Kota Bandung. Kamis (8/2).

    Dikatakan, Pemprov bersama DPRD Jabar menganggarkan dana dalam APBD Jabar cukup besar untuk memperbaiki rumah tidak layak huni (Rutilahu)  sekitar 10-sampai 15 ribu Rutilahu per tahunnya. Namun, anggaran yang sudah disiapkan tersebut tidak terserap maksimal,

    hal ini terjadi karena cukup sulitnya persyaratan yang ditentukan oleh Pemprov Jabar melalui Diskimrum Jabar.

    Menindak lanjuti hal tersebut  dan aspirasi masyarakat untuk meraih program tersebut, Politisi Senior Golkar Jabar ini, menyatakan, “Komisi IV dalam rapat kerja dengan Diskimrum (Dinas Pemukiman dan Perumahan) Jabar, minta agar persyaratan tidak terlalu rumit dan banyak.” Ujar Ali Hasan.

    Diungkapkannya, Warga yang rumahnya sudah sangat tidak layak huni, yang seharusnya mendapat bantuan Rutilahu. Namun karena tidak ada sertifikat tanah akhirnya tidak dapat dibantu. Padahal seharusnya tidak perlu sertifikat, yang penting ada kejelasan kepemilikan tanahnya (Kikitir/Leter-C/ tanah Pemerintah) yang dilampiri dengan bukti pembayaran pajak. Atau cukup melampirkan surat keterangan tidak mampu dari Kelurahan/Desa yang diketahui oleh Camat setempat.

     

    “Program perbaikan Rutilahu itu, untuk membantu warga yang tidak mampu, agar dapat tinggal dirumah yang layak.  selama persyaratannya cukup rumit dan memberatkan warga, sudah dapat dipastikan, program Rutilahu sulit dapat terealiasi secara maksimal.” Tegas Ali @ hermanto.

    Comments

    Nama  
    Email  
    Komentar  
    Komentar Anda akan muncul setelah disetujui oleh Admin
  • web design by javwebnet