• Aplikasi e-TP4D Kejari Ciamis disosialisasikan Kepada Awak Media

  • Berita  
  • 74 view  
  • 0 comments
  • Ciamis,BEDAnews

    Aplikasi elektronik-Tim Pengawalan dan Pengaman Pemerintah dan Pembangunan Daerah (e-TP4D) Kejaksaan Negri (Kejari) Ciamis merupakan terobosan atawa inovasi yang diluncurkan Kejari Ciamis yang diharapkan bisa meningkatkan kinerja  4 Tim yang diketuai Kasi Intel Kejari Ciamis, Andry Lesmana SH.MH akibat keterbatasan jumlah SDM. e-TP4D merupakan pola pendampingan dan pegendalian dengan berbasis IT terhadap kegiatan yang didanai keuangan negara di Kabupaten Ciamis baik berbentuk dokumen dan tahapan kegiatan.

    “e-TP4D ini bisa membantu pengawasan proyek di Kabupaten Ciamis dan Pangandaran, Aplikasi ini gratis dan dapat diunduh melalui play store bagi pengguna android" ujar Andry Lesmana kepada para awak media cetak dan elektonik yang hadir pada acara ramah tamah yang diadakannya, Jumat (12/10/2018) di sebuah Rumahmakan Ciamis.

    Aplikasi berbasis IT ini lanjutnya, berfungsi juga untuk pengaduan/pelaporan cepat dari masyarakat terkait dugaan penyelewengan baik serapan maupun pelaksanaan proyek inprasetruktur yang bisa mengakibatkan kerugian keuangan negara (kasus korupsi), dengan mengakses aplikasi menyertakan foto sebagai bukti dalam setiap melakukan pelaporan dan menulis kronologisnya secara lengkap untuk menjadi bahan pertimbangan mereka dalam melakukan tindakan.

    Dipaparkannya pula aplikasi e-TP4D yang terintegrasi bisa melakukan penilaian serta memberikan warning kepada pelaksana dan pengawas proyek secara otomatis kalau tidak memberikan laporan “Ada kewajiban ketika OPD dan Pelaksana kegiatan mengajukan pendampingan kepada TP4D dan kami kabulkan, yaitu memberikan pelaporan dengan aplikasi melampirkan progres dokumen dari konsultan pengawas, pelaksana dan Tim Pengelola Kegiatan secara berkala. Jika secara berkala 3 kali tidak melaporkan progres maka aplikasi akan otomatis membatalkan pendampingan” kata Andri.

    Pada kesempatan itu Ketua TP4D Kejari Ciamis mengharapkan kerjasama dari para awak media untuk bisa berperan memberi masukan informasi dugaan yang bisa mengakibatkan kerugian keuangan negara, serta bisa mensosialisasikan inovasi e-TP4D kejari Ciamis agar masyarakat bisa mengaksesnya dan memberikan pelaporan hingga kerugian keungan negara bisa dicegah atau di minimalisir.   (abraham)

     

    Comments

    Nama  
    Email  
    Komentar  
    Komentar Anda akan muncul setelah disetujui oleh Admin
  • web design by javwebnet