• BPK Berikan Opini WTP Untuk Mendikbud, Menkes dan Kepala BPOM

  • Berita  
  • 65 view  
  • 0 comments
  • JAKARTA, BEDAnews – Anggota VI Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), Harry Azhar Azis menyerahkan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) atas Laporan Keuangan Tahun 2017 atas Kementerian Kesehatan, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), di Kantor Pusat BPK, Jakarta, Jumat (8/6/2018).

    LHP tersebut, diserahkan langsung anggota VI BPK didampingi Auditor Utama Keuangan Negara VI, Dori Santosa kepada Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Muhadjir Effendi, Menteri Kesehatan, Nila Djuwita F.Moeloek serta Kepala BPOM, Penny Kusumastuti Lukito.

    Hasil pemeriksaan Laporan Keuangan Tahun 2017 pada Kementerian Kesehatan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dan Badan Pengawas Obat dan Makanan, BPK dengan keyakinan penuh memberikan kepada ketiga Kementerian/lembaga tersebut opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP).

    Pemberian opini tersebut telah melewati review berjenjang untuk menjamin pelaksanaan telah sesuai dengan Standar Pemeriksaan Keuangan Negara (SPKN).

    BPK mengapresiasi atas upaya yang telah diberikan oleh Kemendikbud dan Kemenkes, karena telah mempertahankan opini WTP selama lima tahun berturut-turut dan diharapkan BPOM dapat mengikuti jejak dua Kementerian tersebut.

    Untuk status perkembangan penyelesaian tindak lanjut hasil pemeriksaan BPK sebelumnya, Kemendikbud telah menyelesaikan rekomendasi sebanyak 63,03%, Kemenkes telah menyelesaikan rekomendasi sebanyak 64,64%, dan BPOM telah menyelesaikan rekomendasi sebesar 73,90%.

    Anggota VI BPK mengingatkan, berdasarkan Pasal 20 Ayat 3 Undang-undang Nom5 Tahun 2004, jawaban atau penjelasan kepada BPK tentang tindak lanjut atas rekomendasi BPK agar disampaikan selambat-lambatnya 60 hari setelah laporan hasil pemeriksaan BPK diterima. (BD)

     

    Comments

    Nama  
    Email  
    Komentar  
    Komentar Anda akan muncul setelah disetujui oleh Admin
  • web design by javwebnet