• BPK-RI Tuan Rumah Pertemuan INTOSAI di Bandung

  • Berita  
  • 66 view  
  • 0 comments
  • BANDUNG, BEDAnews - Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK RI) menggelar pertemuan dengan anggota Asosiasi Badan Pemeriksa Keuangan Sedunia (INTOSAI) Working Group on Environmental Auditing (WGEA) yang beranggotakan 41 negara untuk membahas isu lingkungan terkini.

    Kelompok ini bertujuan untuk mendorong badan pemeriksa keuangan mempergunakan mandatnya dalam proses kebijakan perlindungan lingkungan, yang dimulai hari Selasa 17 - 19 Juli 2018 di kota Bandung.

    Ketua BPK RI Moermahadi Soerja Djanegara dalam sambutan pembukaan menyebutkan bahwa, pertemuan ini menjadi forum untuk berbagi pengetahuan dan pengalaman terkait isu lingkungan.

    “Badan pemeriksa keuangan harus berperan strategis menjaga kualitas lingkungan serta mendorong pembangunan berkelanjutan. Badan pemeriksa keuangan juga harus memastikan kebijakan, peraturan, dan sistem kendali yang dikembangkan Pemerintah, dijalankan sebagaimana seharusnya,” jelas Ketua BPK RI, Selasa (17/7/2018). 

    Untuk mendukung upaya tersebut, digelar diskusi panel membahas antara lain tentang perubahan iklim, pengelolaan lahan dan kualitas tanah, kesehatan lingkungan hidup, serta pemeriksaan keanekaragaman hayati.

    Dalam kesempatan ini, BPK RI mempresentasikan antara lain hasil pemeriksaan kinerja atas penataan ruang di DKI Jakarta, data lingkungan hidup, hasil pemeriksaan kinerja atas efektivitas program dan kegiatan kepariwisataan dalam mendukung pembangunan berkelanjutan pada Pemerintah Kabupaten Manggarai Barat, serta hasil pemeriksaan kinerja atas pengelolaan sumber daya air pada DAS Brantas.

    BPK RI merupakan Ketua dan Sekretariat INTOSAI WGEA sejak 2014 dan pada periode 2017-2019, BPK RI bertanggung jawab atas pencapaian proyek WGEA. INTOSAI WGEA dalam rencana kerjanya, melakukan kegiatan antara lain penyusunan audit guidance, penyusunan proyek penelitian, kerja sama pemeriksaan, penyelenggaraan survei dan pelatihan, serta diseminasi informasi terkait isu lingkungan. (BD)

     

    Comments

    Nama  
    Email  
    Komentar  
    Komentar Anda akan muncul setelah disetujui oleh Admin
  • web design by javwebnet