• Dady: Daya Antisipasi Bencana Alam Jabar Rendah.

  • Berita  
  • 72 view  
  • 0 comments
  •  Bandung BEDAnews.com

    Jawa Barat yang sebagian besar daerahnya merupakan zona merah rawan bencana alam, sehingga kerapkali terjadi bencana tak terduga, baik bencana banjir, tanah longsor, ataupun gempa bumi,  tetapi antisipasi pemerintah daerah terhadap kemungkinan terjadinya bencana itu dinilai sangat rendah.

    Demikian dikatakan Wakil ketua Komisi IV DPRD Provinsi Jawa Barat. Drs. H. Daddy Rohanady kepada waratawan di DPRD Jawa Barat Kamis (8/3).

    “Jawa Barat termasuk daerah merah bencana tetapi antisipasi untuk itu rendah, terutama untuk alokasi dana, bukannya kita mengharap terjadi bencana, tidak ada orang yang mengharapkan bencana, tetapi seperti kita ikut asuransi, kalau meninggal atau kecelakaan telah ada dana-dana antisipasinnya itu yang sesungguhnya.”Ujar Dady.

    Lebih jauh diungkapkan Dady. Pada tahun 2009 dulu ada dana on call (dana tanggap darurat bencana), dana yang apabila terjadi bencana dapat dipergunakan seketika untuk mengatasi tanggap darurat. Namun, kenyataannya dana on call tersebut, dikeluhkan dalam proses pencairannya, sulit, karena mekanisme. Seharusnya dana on call tersebut, tidak dipersulit oleh pemerintah daerah,

    Namun, ketika dilakukan audit atas penggunaan dana on call tersebut ternyata banyak terjadi masalah buat semua.

    Ketika masyarakat korban bencana butuh cepat bantuan, harusnya pemda bergerak cepat mencairkan dana on call tersebut.Namun, sayangnya ketika  dana keluar, dicurigai adanya permainan oknum-oknum tertentu, itu yang menjadi masalah, sehingga sekarang dana on call tersebut, digeser.

    Berbeda permasalahannya kalau terkait dengan jalan, untuk jalan ini  ketika ada longsoran tanah,  mobilisasi alat berat dsb relative lebih cepat. Karenanya penanganan bencana yang menurut saya,  kesannya lambat itu,  harus didorong bagaimana bisa secepat penanganan jalan.

    “Menurut saya ini kurang sigap,  seharusnya seperti itu, ada alat berat yang standy atau mudah sekali dimobilisasi untuk bantuan secepatnya. itu harus menjadi skala prioritas, utamakan urusan kemanusian , yang  menyangkut nyawa manusia.” Ujar Politisi Partai Gerindra ini.@hermanto

    Comments

    Nama  
    Email  
    Komentar  
    Komentar Anda akan muncul setelah disetujui oleh Admin
  • web design by javwebnet