• Desa Kertasari Cianjur Akan Dijadikan Desa Pariwisata

  • Berita  
  • 372 view  
  • 0 comments
  • Cianjur, BEDAnews.com

    Desa merupakan Lembaga Pemerintah terkecil dalam struktur Pemerintahan, tetapi mempunyai peranan besar dalam menjalankan setiap program Pemerintah baik pusat maupun daerah. Peranan Kepala Desa sangatlah penting dalam memahami setiap Program agar menjadi berdaya guna bagi kepentingan warganya. 

    Desa Kertasari yg merupakan salah satu Desa yang berada di Perbatasan antara Kab. Cianjur dengan Kab. Bandung Barat mempunyai Posisi yang sangat strategis dalam berbagai aspek, baik dari sisi ekonomi, Budaya dan Sosial. Maka hal yang wajar, bahkan keharusan Desa Kertasari di Pimpin oleh Kepala Desa yang mempunyai Visi ke depan. Dan warga Desa Kertasari rupanya sudah tau cara memilih Pemimpin yang seperti itu, maka terpilihlah seorang sosok yang akan membawa Desa Kertasari Bangkit dan tampil kedepan sebagai salah satu Desa yang Berhasil. 

    Saat di temui di rumahnya, Kepala Desa Kertasari H. Rudayat (9/11/16) memaparkan tentang Visi dan Misi Desa Kertasari ke depan terutama akan menjadikan Desa Kertasari menjadi Desa Pariwisata. Saat di tanya potensi apa yang dimiliki Desa Kertasari untuk menjadi Desa Pariwisata?, H. Rudayat menjawab ternyata banyak sekali Potensi yang terpendam dan dimiliki Desa Kertasari yang selama ini belum terjamah dan terkuak. 

    Setelah menjabat Kepala Desa, saya mencoba melakukan penelitian tentang potensi Desa Kertasari di bantu oleh orang-orang yang ahli di bidangnya, maka terkuaklah Ide dan gagasan untuk menjadikan Desa Kertasari menjadi Desa Pariwisata. ini bukan main-main. “Saya sudah meminta Dukungan ke Pemerintah Kabupaten, Propinsi bahkan sampai ke tingkat Pusat, termasuk mengundang para investor demi mendukung niat kami untuk menjadikan Desa Kertasari menjadi Desa Pariwisata,” ungkap H. Rudayat. 

    Bagaimana tanggapan Pemerintah Kabupaten, Propinsi dan Pusat saat anda mengajukan bantuan tersebut? H. Rudayat menjawab sangat Responsif dan mendukungnya, bahkan Bupati Cianjur saat melakukan Saba Desa akan membantu penuh terutama dari segi Administrasi, ungkapnya. 

    “Sementara dari pusat sudah beberapa kali melakukan survey ke lokasi dan tanggapanya sangat positif,” imbuhnya. 

    Dilain waktu, saat wartawan melakukan survey ke lapangan dan mewawancarai beberapa tokoh masyarakat Desa Kertasari, sambutanya ternyata sangat positif dan akan mendukung penuh gagasan Kepala Desanya. 

    Sementara menurut salah satu pejabat di BPMD Kab. Cianjur, andai Kepala Desa Kertasari mau menjadikan Desa Pariwisata maka ada beberapa persyaratan yang harus di lakukan terlebih dahulu sesuai dengan Permendagri no 12 th. 2007 tentang Frofil Desa, diantaranya andai satu Desa akan menjadikan Desa Unggulan maka harus  melakukan pembenahan tertib administrasi dahulu yang mencakup beberapa Kriteria, diantaranya Pembinaan Home Industri Ekonomi warganya, pembangunan Insfrastruktur jalan yang baik, adanya Pos Kesehatan Desa juga berjalanya berbagai Lembaga Desa seperti LPM, BPD, Gapoktan, Posyandu dan Karang Taruna, katanya. (H.A/Ujang)

    Comments

    Nama  
    Email  
    Komentar  
    Komentar Anda akan muncul setelah disetujui oleh Admin
  • web design by javwebnet