• Dewan Itu Kerjanya Rapat Dan Jalan-Jalan Cari Informasi

  • Berita  
  • 0 comments
  •  Bandung BEDAnews.com

    Banyak warga masyarakat yang beranggapan bahwa anggota DPRD atau wakil mereka di pemerintahan itu tidak ada kerjaan,  lebih banyak jalan-jalannya dari pada bekerja, mereka mengira pekerjaan dewan atau legislatif itu sama dengan pekerjaannya.

    Hal ini diungkapkan Kepala Bagian Humas dan Protokol Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Jawa Barat, Yedi Sunardi SE, MM, saat bincang-bincang dengan wartawan di ruang kerjanya, Gedung DPRD Jabar, Jl Diponegoro, Bandung. Kamis lalu.

    Ini yang tidak dipahami oleh masyarakat, pandangan masyarakat itu terjadi karena mereka beranggapan pekerjaan dewan atau legislatif itu sama dengan pekerjaannya, sehinga anggapannya dewan itu tidak bekerja, padahal mereka bekerja," kata Yedi.

    Dikatakannya, asumsinya begini, bekerjanya anggota dewan itu tidak seperti petani mencangkul di sawah, atau tidak seperti orang pabrik pergi ke pabrik untuk bekerja, atau tidak seperti pengemudi yang angkut penumpang dari satu tempat ke tempat lain.

    Kepala Bagian yang instansinya menjadi penyerap anggaran terbaik ke dua di setwan  Jabar ini menyatakan.  Pekerjaan anggota dewan itu menyusun peraturan perundang-undangan, anggota dewan itu bekerja dengan cara melakukan rapat kerja dan kunjungan kerja. Jadi kesannya seperti jalan-jalan, memang jalan-jalan dalam rangka mencari informasi sebanyak-banyaknya," Jelasnya.

    Agar masyarakat bisa mengetahui apa saja pekerjaan anggota dewan, berbagai upaya dilakukan Humas dan Protokol Sekretariat DPRD Jabar seperti bekerja sama dengan media massa cetak, elektronik dan online, juga lewat web resmi DPRD Jabar www.dprd.jabarprov.go.id, dan sosial media seperti instagram, twitter, dan facebook untuk mendistribusikan berita kedewanan, sehingga masyarakat lebih tahu apa yang sudah dan sedang dilakukan anggota dewan.

    "Apa yang terjadi hari ini, di web bisa muncul siangnya atau sorenya. Disitulah, masyarakat bisa melihat apa saja yang dilakukan anggota dewan. Kalau menurut informasi dari rekan-rekan sekretariat DPRD yang lain, apa yang telah dilakukan kita itu, Alhamdulillah dijadikan contoh. Sebab, pendistribusian beritanya, cepat," tuturnya.

    Yang tidak kalah pentingnya, Sekretaiat DPRD Jabar juga punya, sarana lainnya, yaitu e-aspirasi. Siapapun bisa menyampaikan aspirasi kepada anggota DPRD Jabar, baik melalui short message system (SMS), atau melalui web, kedepan kita akan kembangkan yang namanya, kios informasi yang ditempatkan di pusat keramaian

    "Nama kiosnya Kadu Jawara (Kios Pengaduan Masyarakat untuk Jawa Barat Juara). Nanti kios tersebut akan ditempatkan di terminal, dan rumah sakit se Jawa Barat," pungkas Yedi.@hermanto

    Comments

    Nama  
    Email  
    Komentar  
    Komentar Anda akan muncul setelah disetujui oleh Admin
  • web design by javwebnet