• Dewan Jabar Prihatinkan Perjokian Usm Unjani

  • Berita  
  • 47 view  
  • 0 comments
  •  Bandung BEDAnews.com

    Terungkapnya  praktik perjokian pada Ujian Saringan Masuk (USM) Universitas Jenderal Ahmad Yani (Unjani) Cimahi tahun ajaran 2018/2019 dinilai  telah mencoreng dunia pendidikan di Jawa Barat.

    Hal ini dikatakan Wakil Ketua Komisi V DPRD Provinsi Jawa Barat, H Yomanius Untung, S.Pd. kepada wartawan di DPRD jabar Selasa (5/6).

    “Praktik perjokian yang terjadi bukan hanya disebabkan karena longgarnya pengawasan dalam proses USM. Tetapi diduga ada keterlibatan orangtua agar sang anak bisa lulus dengan cara yang cenderung tidak elegan.” Ujarnya.

    Politisi Partai Golkar ini mengungkapkan. Saya tidak habis pikir, itu ulah orangtua atau anaknya yang tergiur agar bisa lulus tes, jika orangtua anak sengaja membiarkan serta mengajarkan cara yang tidak wajar, maka secara otomatis menjadi moral yang tidak baik bagi anak.

    Selain itu, secara tidak langsung orangtua juga sudah memandang anak tidak mampu mengerjakan tes dan memilih memakai jasa joki agar bisa lulus seleksi.

    “Yang akan down pertama adalah anaknya. Karena sudah di vonis tidak mampu mengerjakan tes,” Ujar Untung.

    Untung mensinyalir jika kasus perjokian benar terbukti dan berjalan secara terencana, kemungkinan ini  akan seperti fenomena gunung es. Sebab, meski dari luar terlihat sedikit tapi di dalam masih banyak dan tersistematis.

    Karena itu anggota DPRD yang alumni UPI ini, meminta agar pihak-pihak terkait mampu menggali lebih dalam praktik perjokian tersebut. Menurutnya, pihak kampus harus mampu mencari tahu apakah kasus tersebut memang baru atau sudah terjadi cukup lama.

    Untung juga mengingatkan  pihak kampus untuk melakukan pengawasan yang lebih ketat. Sehingga, kasus serupa tidak terjadi lagi. Sebab, bisa saja masih terdapat modus-modus lainnya yang bisa dimanfaatkan segelintir pihak sebagai upaya untuk mendulang keuntungan.

    ”Kampus harus bersungguh-sungguh mencermati kasus ini dan panitia seleksi harus cermat melihat kasus ini,”pungkasnya.@

    Comments

    Nama  
    Email  
    Komentar  
    Komentar Anda akan muncul setelah disetujui oleh Admin
  • web design by javwebnet