• Dokter TNI Angkatan Darat Mendukung Pengobatan Massal di Pedalaman Papua Selatan

  • Berita  
  • 77 view  
  • 0 comments
  • Papua, BEDAnews.com

    Tim Dokter Angkatan Darat  membantu  melayani pengobatan gratis masyarakat di pedalaman Papua Bagian selatan. Para Dokter yang tergabung dalam Ekspedisi NKRI Koridor Papua Bagian Selatan 2017 ini didukung oleh Tim Kesehatan dari Pusat Kesehatan Angkatan Darat.

    3 (tiga) Orang Dokter dari Kopassus 2 (dua) diantaranya dari Korps Wanita Angkatan Darat, Letda Ckm (K) dr. Prima Hafizh Yanuariski, Letda Ckm (K) dr.Ervina Asri Wahyuningtias dan Letda Ckm dr. Patria Pradana. Letda Ckm dr. Bramantyo Nugraha Putra (Dokter Yonif 753/AVT Kodam XVII/Cenderawasih) dan Letda Ckm dr.Badzli Achmad (Dokter Yonif Raider 613/Rja Kodam VI/Mulawarman).

    Tim Kesehatan ini di tempatkan di 2 (dua) Korwil yaitu Korwil Merauke dengan wilayah Subkorwil-1/Asmat di kab. Asmat, Subkorwil-2/Mappi di kab. Mappi, subkorwil-3/Merauke di kab. Merauke dan Korwil Boven Digoel dengan wilayah subkorwil-4/Mindiptana di kab. Boven Digoel dan subkorwil-5/Tanah merah di kab. Boven Digoel.

    Selain melayani pasien, Tim  Dokter Ekspedisi NKRI Koridor Papua Bagian Selatan 2017  memberikan pengetahuan dan pelajaran kepada anak-anak di wilayah setempat dengan memberikan pengetahuan tentang kesehatan melalui penyuluhan serta siap memberikan pelayanan dokter 24 jam di Poskotis.

    Selain pengobatan massal gratis, Tim Kesehatan yang tergabung dalam tim pengabdian masyarakat Ekspedisi NKRI Koridor Papua Bagian Selatan ini juga melaksanakan Khitan Massal, penyuluhan kesehatan, Bahaya merokok dan Narkoba, serta penyuluhan tentang penyebaran Virus HIV yang dilakukan diberbagai  Distrik, Kampung yang harus ditempuh dengan melewati sungai, rawa dan jalan berlumpur.

    Melewati wilayah rawa, sungai dan jalan berlumpur menjadi keseharian Tim Pengabdian Masyarakat untuk menuju lokasi pengobatan massal yang ditempuh dengan waktu berjam jam, diiringi cuaca yang tidak menentu, hujan lebat, tebu rawa dan pasangnya air sungai menjadi penentu lamanya waktu tempuh dalam perjalanan.

    Kegiatan pengabdian Masyarakat ini sebagai wujud kepedulian mengatasi kesulitan masyarakat dalam memperoleh pelayanan kesehatan terutama di daerah pedalaman Papua Selatan. Ekspedisi NKRI merupakan wujud sinergitas kementerian/lembaga, TNI/Polri, pemerintah daerah, kalangan pendidik dari perguruan tinggi, mahasiswa, para pencinta alam, organisasi kepemudaan, pramuka dan didukung masyarakat setempat untuk membangun Indonesia.

    Tema yang diusung dalam Ekspedisi  NKRI Koridor Papua Bagian Selatan 2017 ini adalah ”Peduli Masyarakat dan Lestarikan Alam”. (MR)

    Comments

    Nama  
    Email  
    Komentar  
    Komentar Anda akan muncul setelah disetujui oleh Admin
  • web design by javwebnet