• DR. Endah Ratnawaty Chotim : Proaktif Terhadap Perlindungan Anak

  • Berita  
  • 23 view  
  • 0 comments
  • Bandung, BEDAnews.com

     Anak adalah mutiara kehidupan,  ia adalah aset dan masa depan bangsa. Maka, eksistensinya harus dijaga, diselamatkan dan dilindugi  dari semua hal yang menghancurkan masa depannya.

    Maraknya eksploitasi, diskriminasi,trafficking dan tidakan kekerasan kepada anak sudah masuk pada titik sangat mengkhawatirkan. Karena itu, diperlukan kesadaran tinggi dan tanggung jawab bersama untuk menjamin dan melindungi anak dan hak hak nya supaya bisa hidup , tumbuh, dan berkembang dan berpartisipasi secara optimal sesuai dengan harkat dan martabat kemanusiaan, serta mendapat perlindungan anak dari kekerasan dan diskriminasi (UU23 Tahun 2002).

    Tingginya ekploitasi, diskriminasi dan tindakan kekerasan terhadap anak, membuat DR. Endah Ratnawaty Chotim terpanggil hati untuk terlibat mencari solusi bagaimana hak hak dan masa depan anak bisa terlindungi dan terselamatkan dengan baik. Melalui program pusat dari KPPPA (Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak), Ia dipercaya menjadi Fasilitator Perlindungan Anak Terpadu Berbasis Masyarakat (PATBM) Tingkat Jawa Barat. Bahkan untuk saat ini, Endah Ratnawaty Chotim menjadi kosultan Kabupaten Bandung Barat dan Cirebon.  Hasilnya berkat komitmen dan kinerja sinergis dengan semua elemen terkait, Kabupaten Bandung Barat (KBB)dan Cirebon mendapat penghargaan dari KPPA  masuk 15 Kota /Kabupaten Layak Anak (KLA)  di Jawa Barat.

    Dengan PATBM, ia berusaha keras menjamin perlindunagn kekerasan pada anak, dengan langkah langkah dan pengembangan struktural untuk mencegah,menanggapi,penyalahgunaan, penelantaran, eksploitasi dan kekerasan yang dapat mempengaruhi  kehidupan anak anak seperti yang diatur dalam KHA, dan instrumen hukum HAM, UU 23 Tahun 2012 dan UU 35 Tahun 2014 tentang perlindungan anak.

    “ Alhamdulilah, KBB dan Cirebon mendapat anugrah KLA katagori pratama dari KPPPA, ini semua wujud komitmen dan  kinerja sinergis kami dalam melindungi masa depan anak,” Kata fasilitator/ Konsultan PATBM  DR.Endah Ratnawaty Chotim, M.Ag, M.Si, saat di konfirmasi di Bandung, Rabu, 28/11/2017.

    Endah berkomitmen terus untuk mewujudkan dan mensukseskan program PATBM di Jawa Barat bukan hanya di KBB tapi daerah lain nya. Tak heran ia begitu fokus melakukan monitoring ke semua kabupaten dan kota di jawa barat, sekaligus memberikan pelatihan, dan memotivasi para kader PATBM,  “ untuk tiap kabupaten di cari 2 desa yang terbaik, lalu tiap desa mengutus 10 orang terbaiknya, “ ujarnya.

     Bahkan Saat ini KBB dan Cirebon mewakili Jawa Barat sebagai daerah percontohan Kabupaten Layak Anak (KLA) tingkat Nasional, karena kedua daerah itu memiliki tingkat kerawanan yang tinggi dalam pelanggaran terhadap hak  anak anak.

    Di jelaskan Endah kehadiran PATBM bermaksud menguatkan kapasitas masyarakat untuk melakukan upaya pencegahan , memberikan perlindunngan kepada anak serta mencari solusi memecahkan persoalan kekerasan pada anak yang terjadi di masyarakat. Untuk mecagah terjadinya kekerasan pada anak,  PATBM berupaya memberikan informasi , sosialisasi, dan pedidikan tentang norma sosial dan praktek budaya yang menerima, membenarkan atau mengabaikan kekerasan. Membangun sistem pada tingkat komunitas dan keluarga untk pengasuhan yang mendukung relasi yang aman untuk mencefah kekerasan, serta meningkatkan keterampilan hidup dan ketahanan diri anak dalam mencegah kekerasan. Bukan hanya itu, PATBM juga menanggapi kekerasan pada anak dengan melakukan langkah langkah yakni menanggapi, menolong, dan melindungi anak anak yang menjadi korban kekerasan  termasuk akses keadilan bagi korban, Membawa anak korban kekerasan ke pusat rujukan  atau unit layanan atau P2TP2A di wilayahnya, dan melakukan jejaring ( termasuk advokasi) dengan layanan pendukung yang terjangkau dan berkualitas, untuk para korban,pelaku dan anak dalam resiko.

     Program PATBM sasarannya ialah anak, orang tua, keluarga dan masyarakat. Kehadiran PATBM merupakan wujud bahwa negara hadir untuk melindungi dan menjamin hak hak anak dan masa depannya. PATBM juga bersinergis   dengan  pemerintah Jawa Barat dalam program program Ramah Anak.” Semoga dengan program PATBM bukan saja mendapat penghargaan, tetapi lebih dari itu, masyarakt bisa membuka mata hati bahwa anak sebagai generasi muda harus dilindungi dan diselamatkan  dari tindakan atau prilaku yang merusak masa depannya,” Harap Endah

     (**harry gibrant)

    Comments

    Nama  
    Email  
    Komentar  
    Komentar Anda akan muncul setelah disetujui oleh Admin
  • web design by javwebnet