• Geopark Ciletuh Butuh Jalan Tol dan Bandara

  • Berita  
  • 169 view  
  • 0 comments
  • Pelabuhanratu, Bandung

    Untuk mendukung kawasan Geopark Ciletuh menjadi  Destinasi Wisata Dunia, perlu didukung dengan akses jalan yang memadai, seperti jalan Tol dan Pembangunan Bandara, termasuk juga menata dan membangun kawasan Ciletuh yang dapat dirasakan langsung oleh masyarakat setempat, yaitu memperbanyak Home Stay, bukan hotel berbintang.

    Demikian dikatakan Wagub jabar Dedi Mizwar pada saat membuka Festival Geopark Ciletuh di GOR venue tinju Pelabuhanratu baru-baru ini.

    .Saat ini Pemprov Jabar, tengah mendorong semua pihak agar secepatnya mendirikan beberapa homestay atau tempat singgah bagi wisatawan. Karena, kita ingin Geopark Ciletuh-Palabuhanratu ini akan menjadi Kawasan Ekonomi Khusus. Untuk mendukung itu akan ada bantuan dari pusat, agar masyarakat disini bisa mengelola homestay, berupa pinjaman dari Pemerintah Pusat.

    "Makanya homestay perlu cepat dibangun agar ada partisipasi masyarakat di dalamnya. Bukan hotel-hotel besar. Jangan sampai yang menikmatinya (keuntungan ekonomi) bukan masyarakat Ciletuh dan Pelabuhanratu sendiri," Ujar Demiz
    Demiz juga meminta kepada Badan Pengelola Kawasan Geopark Ciletuh, untuk membuat website/ digitalisasi tersendiri, sehingga segala informasi tentang pariwisata di Geopark Ciletuh-Palabuhanratu didigitalisasi. Hal ini perlu agar segala potensi seni, budaya, juga wisata alam di geopark ini bisa tersebar luas dan cepat.

    Lebih jauh diungkapkannya selain jalan tol, Pemprov Jawa Barat juga mendorong agar di Ciletuh atau Palabuhanratu bisa dibangun bandara seperti yang dijanjikan  Kementerian Perhubungan, dengan alternative lokasi  untuk pembangunan bandara  di Citarate dan Cikembar.
    "Sebab ini (bandara) bisa melayani masalah pemerintahan dan juga kepariwisataan. Mudah-mudahan kalau itu ditetapkan kalau itu ada lokasi yang kita ajukan, tahun depan bisa kita mulai bangun. Alternatifnya di Citarate atau Cikembar," tandasnya.

    Sementara Kepala Disparbud jabar mengungkapkan. Dalam rangka mendorong kawasan Geopark Ciletuh menjadi Destinasi wisata tingkat dunia, Dinas Kepariwisataan dan Kebudayaan Jabar  akan terus berupaya menggelar berbagai event seni-budaya, pameran dan kuliner, serta terus melakukan sosialisasi dan promosi melalui berbagai media massa, baik  media social termasuk juga menyebarkan buklet dalam berbagai kegiatan Seni Budaya, baik tingkat Provinsi, Nasional maupun Internasional.@

    Comments

    Nama  
    Email  
    Komentar  
    Komentar Anda akan muncul setelah disetujui oleh Admin
  • web design by javwebnet