• Gubernur Jatim Soekarwo Dukung Penuh Program Pendidikan INOVASI

  • Berita  
  • 118 view  
  • 0 comments
  • BEDA, SURABAYA - Gubernur Jawa Timur Soekarwo menyatakan dukungannya secara penuh terhadap Program Pendidikan INOVASI di Jawa Timur. INOVASI (Inovasi untuk Anak Indonesia) itu sendiri merupakan sebuah program kemitraan pendidikan Australia-Indonesia.

    Sebagai tindak lanjut Program Pendidikan INOVASI di Jawa Timur, Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur dan INOVASI akan segera merekomendasikan sejumlah kabupaten/kota sebagai mitra awal INOVASI.

    INOVASI akan bermitra di Jawa Timur hingga akhir 2019. Kabupaten/kota yang terpilih antara lain yang kebijakannya berpihak pada mutu pembelajaran siswa serta peduli pada anak berkemampuan khusus,” ungkap Soekarwo dalam forum Temu Inovasi, yang digelar di Ruang Hayam Wuruk Kantor Gubernur, Surabaya Jawa Timur, Kamis (26/4/2018).  

    Dalam kesempatan tersebut, Maria Ulfa, Ibu Guru SDN 2 Kebondalem Kabupaten Mojokerto yang menjadi salah satu guru inovatif yang ikut ambil bagian dalam kegiatan “Temu INOVASI” Pendidikan Dasar saat ditanya tentang kreativitasnya di kelas oleh Gubernur Jawa Timur menjelaskan bahwa selama ini, dirinya selalu melaksanakan pembelajaran aktif di kelasnya.

    Dalam mengajarkan membaca di Kelas 1 tersebut, Maria Ulfa menggunakan boneka dan alat peraga lainnya dalam mengajarkan membaca kepada anak agar kegiatan belajar mengajar yang dibawakannya menarik minat anak.

    “Saya harus selalu berpikir kreatif setiap hari agar pembelajaran tidak membosankan dan anak-anak senang,” terangnya. Dengan kegiatan tersebut, Maria Ulfa selalu berhasil membimbing siswanya agar mampu membaca dan memahami bahan bacaan.

    Sedangkan Kepala SDN Sumbergondo 2 Kota Batu, Sri Winarni, yang video praktik baiknya ditampilkan di depan Gubernur Jawa Timur, mengungkapkan bahwa kepemimpinannya dulu memiliki banyak kendala. Namun saat dia melakukan besar-besaran di manajemen sekolah dan mulai mengubah pembelajaran di kelas menjadi pembelajaran aktif, sekolahnya mengalami kemajuan yang luar biasa.

    “Dari sekolah di pelosok pegunungan yang tidak diperhitungkan, sejak melakukan perubahan di manajemen, perubahan di kelas dan mendapatkan dukungan penuh dari komite sekolah, saat ini SDN Sumbergondo 2 menjadi salah satu sekolah berprestasi di Kota Batu,” ungkapnya. (BD)

     

    Comments

    Nama  
    Email  
    Komentar  
    Komentar Anda akan muncul setelah disetujui oleh Admin
  • web design by javwebnet