• Hujan Deras Ditengarai Penyebab Bencana Banjir,Tanah Longsor Dan Ambruknya Jembatan

  • Berita  
  • 50 view  
  • 0 comments
  • Ciamis,BEDAnews

    Paur Humas Polres Ciamis, Iptu Iis Ida Ningsih membenarkan telah terjadi bencana akibat deras hujan hingga menyebabkan 4 nyawa melayang dan lumpuhnya akses teransportasi darat di Kabupaten Ciamis dan Pangandaran awal Oktober ini.

    Terangnya kepada BEDAnews.com, sabtu (7/10/2017) Polres Ciamis diwaktu dan tempat kejadian menerjunkan personil dari Polsek, Dalmas Polres dan Sat Pol Air melakukan penanganan membentuk 2 Posko di Sidamulih dan Banjarsari,  berkoordinasi dengan dengan aparat Desa dan BPBD, melaksanakan tindakan evakuasi terhadap korban, pembersihan jalur yang terkena bencana, serta memberikan sembako.“Kejadian bencana dan tindakan telah kami laporkan kepada Polda Jabar” kata Paur Humas Polres Ciamis ini.

    Bencana di wilayah hukum Polres Ciamis dibebrkan Iis Ida N yakni: kamis (5/10/2017) Jembatan penghubung antara Desa Cikaso dan Tanjungsari sepanjang 30 meter terletak di Dusun Sukapura Rt 026/06 Desa Cikaso Kecamatan Banjaranyar kabupaten Ciamis ambruk akibat arus deras menggerus pondasi bagian bawah hingga jembatan patah dan tidak bisa dilalui kendaraan, ujarnya Dam yang selama ini mengairi pesawahan seluas +- 750 Ha di  wilayah Banjarsari, Langkapsari, Cibadak itu pun jebol.

    Wilayah Kabupaten Pangandaran, Sabtu (7/1/ 2017) terjadi  bencana banjir dan tanah longsor yang mengakibatkan sarana teransportasi di sewbagian wilayah tidak dapat dilewati oleh kendaraan akibat dari banjir sebagian pemukiman warga dan areal pertanian terendam banjir, tingginya curah hujan sehingga terjuadi luapan Sungai Cijaluhilir tidak bisa menampung debit air. Tanah longsor di Dusun Sangkanbawang Rt 18/7 Desa Kalijati Kecamatan Sidamulih menimbun 1 rumah warga mengakibatkan 4 orang meninggal An: Arsih (55 th),Yuyun (35 th), Aldi (5 th) dan Andika (10Bln) beberapa titik longsor diwilayah Kecamatan Sidamulih hingga terjadi lumpuhnya akses jalur darat.

    Berncana banjir pun menerjang Dusun Girisetra Ds/Kec Kalipucang, air menggenangi Mapolsek Kalipucang dengan ketinggian lk 50 cm juga mengakibatkan arus lalin didepan Mapolsek terhambat, Dusun Ciukonong dan Dusun Cikembulkan Desa Cikembulan Kecamatan Sidamulih, banjir menggenangi 164 unit rumah Perum Garden Estetika  tidak ada korban jiwa namun kerugian ditaksir Rp 500 juta.  Daerah dilanda banjir lainnya: Dusun Cijalu Desa Parigi, kecamatan Parigi, Dusun Pasirkiara Desa Karangbenda , Desa Bojong.   (abraham)

     

    Comments

    Nama  
    Email  
    Komentar  
    Komentar Anda akan muncul setelah disetujui oleh Admin
  • web design by javwebnet