• Ikhwan Fauzi : Penyaluran Beasiswa Jabar Harus Terbuka

  • Berita  
  • 82 view  
  • 0 comments
  • Bandung BEDAnews.com

    Banyak Perguruan Tinggi di Jawa barat yang telah melakukan kerjasama dengan pemprov jabar untuk menyalurkan Beasiswa tidak terbuka untuk mensosialisasikan beasiswa yang ditujukan untuk mahasiswa di Jawa Barat ini.

    Hal ini diungkapkan Anggota Komisi V DPRD Provinsi Jawa Barat dr. Ikhwan Fauzi, M.Kes. Kepada wartawan. Minggu (15/4).

    “Selama ini yang terjadi, berdasarkan hasil monitoring Komisi V DPRD Jabar ke beberapa Perguruan Tinggi penerima dana beasiswa banyak yang tidak mengumumkan,  Kami ( dewan-red) hanya menemukan di Kampus Unpad dan ITB saja. Padahal ada puluhan PT Negeri/Swasta yang mendapatkan penyaluran dana beasiswa dari Pemprov Jabar,” Kata anggota dewan yang berangkat dari daerah pemilihan Kota bandung dan Cimahi ini.

    Disdik Jabar baru-baru ini mengumumkan adanya program beasiswa untuk mahasiswa dari pemprov Jabar dengan anggaran yang mencapai Rp. 13 Miliar, namun disayangkan anggaran dana bea siswa yang digelontorkan pemprov jabar setiap tahunnya  mencapai puluhan miliar rupiah tersebut.  Namun disyangkan Dinas Pendidikan Jabar sebagai pelaksana program tersebut  selama ini tidak pernah terbuka untuk mensosialisasilakan secara terbuka kepada public, sehingga masyarakat banyak yang tidak tahu adanya dana beasiswa dari Pemprov Jabar. 

    Dikatakan anggota FPDI Perjuangan  DPRD Jabar ini, selama ini, keberadaan dana beasiswa dari Pemrpov Jabar terkesan tertutup, sehingga hanya diketahui oleh orang-orang tertentu saja yang tahu. Padahal harusnya terbuka, mulai dari Perguruan Tinggi Negeri/Swasta yang menerima penyaluran Dana Beasiswa, jumlah dana yang diterima, untuk berapa Mahasiswa.

    Ikhwan juga menekankan pentingnya kriteria atau persyaratan yang jelas bagi Mahasiswa calon penerima dana beasiswa tersebut, seperti yang telah dikeluarkan oleh Kemendikbud. “Jangan seperti dulu lagi, Disdik Jabar mensyaratakan yang aneh-aneh, seperti harus hapal Al’Qur’an minimal 5 Juz, kan kasihan Mahasiswa yang beragama lain.”Ujarnya. 

    Karena itu Disdik Jabar harus membuat kreteria yang layaknya seperti  yang telah dikeluarkan oleh Kemendikbud-Dikti, seperti, menyertakan surat tidak mampu dari Desa/keluarahan yang disertai dengan foto kondisi rumah/ lokasi rumah orangtuanya; Bagi Mahasiswa berprestasi dengan melampirkan (FC) IPKnya.

    Pengumuman Beasiswa dari PemprovJabar ini juga serta Kriteria calon penerimanya  harus di tempel di kampus masing-masing agar mahasiswa tahu.

    Karena selama ini yang terjadi, Komisi V sering kedatangan orang tua dan mahasiswa yang mempertanyakan soal dana beasiswa dan cara memperolehanya. Kerena itu sudah teknis, maka kita sarankan ke Disdik Jabar.

    Namun, mereka tetap kecewa karena pihak Disdik Jabar tidak memberikan penjelasan PT mana saja yang menerima penyaluran dana Beasiswa dan persyaratan untuk mendapatkannya, ini realita yang terjadi dilapangan.  

    Berdasarkan hasil monitoring Komisi V DPRD Jabar ke beberapa Perti penerima dana beasiswa banyak yang tidak mengumumkan, Kami ( dewan-red) hanya menemukan di Kampus Undap dan ITB saja. Padahal ada puluhan Perti Negeri/Swasta yang mendapatkan penyaluran dana beasiswa dari Pemprov Jabar, ujar iwan.

    Berhubung dana beasiswa tidak diumumkan, sehingga sangat banyak mahasiswa tidak tahu, walaupun ada yang tahu, itupun mendapatkan informasi dari orang dalam Perti yang bersangkutan atau dari orang Disdik Jabar. 
    DPRD Jabar khususnya Komisi V, cukup sering kedatangan orang tua dan mahasiswa yang mempertanyakan soal dana beasiswa dan cara memperolehanya. Kerena itu sudah teknis, maka kita sarankan ke Disdik Jabar.

    Namun, mereka tetap kecewa karena pihak Disdik Jabar tidak memberikan penjelasan Perti mana saja yang menerima penyaluran dana Beasiswa dan persyaratan untuk mendapatkannya, ini realita yang terjadi dilapangan, sesalnya. 

    “Selama ini, Komisi V DPRD Jabar, belum pernah melihat dan menerima laporan dari Disdik Jabar tentang persyaratan, dan data Mahasiswa penerima beasiswa, yang ada jumlah PT penerima dan gelondongan anggaran semata.”Ujar Ikhwan.@hermanto 

     

    Comments

    Nama  
    Email  
    Komentar  
    Komentar Anda akan muncul setelah disetujui oleh Admin
  • web design by javwebnet