• Jumlah Penduduk Cimahi Menurun

  • Berita  
  • 906 view  
  • 0 comments
  • Cimahi, BEDAnews

    Jumlah penduduk Kota Cimahi yang bakal menjadi pemilih pada Pemilu 2014 mendatang mengalami penurunan. Hal itu terlihat saat penyerahan Data Agregat Kependudukan Per Kecamatan (DAK2), oleh Pemerintah Kota Cimahi kepada Komisi Pemuilihan Umum (KPU) Kota Cimahi.

    Data yang ada pada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Cimahi menunjukan, jumlah penduduk Kota Cimahi pertanggal 31 September 2012 sebanyak 641.931 jiwa, setelah dilakukan pemutakhiran, sampai 26 November jumlahnya menjadi 546.018 jiwa.  

    Wakil Walikota Cimahi Sudiarto menjelaskan, penyerahan DAK2 dari Pemkot Cimahi kepada KPU Cimahi merupakan penyerahan Data DAK2 atas perintah yang tertulis dalam surat edaran Menteri Dalam Negeri.

    Penyerahan DAK2 ini dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia pada Kamis ini. Data yang diserahkan kepada KPU tersebut merupakan bahan dalam menentukan data penduduk pemilih potensial (DP4) untuk Pemilu Legislatif 2014.

    “Penyerahan DAK 2 ini merupakan perintah pemerintah sesuai dengan surat edaran Menteri Dalam Negeri, sebagai dasar bagi KPU dalam menentukan daerah pemilihan dan penetapan jumlah kursi legislative, yang bertumpu pada jumlah penduduk perkecamatan, jelasnya usai penyerahan DAK2 KPU Cimahi di Gedung A Perkantoran Pemkot Cimahi, Kamis (6/12).

    Sementara menurut Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Cimahi Huzen Rachmadi, serah terima Data DAK2 merupakan persiapan untuk pelaksanaan Pemilu tahun 2014, yang bersumber dari SIAK dan e-KTP kemudian terbentuk Data DAK2. “Data tersebut diserahkan kepada KPU dengan tujuan terlaksananya Pemilu dengan baik dan sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan,” kata Huzen.

    Dia menyebutkan, dari 546.018 jiwa penduduk Kota Cimahi, jumlah penduduk Kota Cimahi terbanyak di Kecamatan Cimahi Selatan degan jumlah 233.018 jiwa, sedangkan Cimahi Tengah 164.265 jiwa dan Cimahi Utara 148.735 jiwa.

    KPU Kota Cimahi Ikin Sodikin mengungkapkan, berdasarkan Undang Undang No.8 tahun 2012 tentang Pemilu, Pemerintah wajib menyerahkan data kependudukan kepada KPU paling lambat satu tahun sebelum dilaksanakannya Pemilu DPR, DPD, dan DPRD.

    Data DAK2 diproyeksikan sebagai bahan bagi KPU untuk menyusun daerah pemilihan dalam konteks perhitungan dan penetapan jumlah kursi legislatif yang tertumpu dari jumlah penduduk per-Kecamatan, ungkapnya pada Wartawan usai menerima Data DAK2.

    Tak hanya itu, merujuk pada ketentuan yang ada, jumlah kursi di masing-masing dapil paling banyak 12 kursi di DPRD. Karenanya, KPU Cimahi telah mmpersiapkan perubahan daerah pemilihan dari tiga dapil menjadi lima dapil. Di Kecamatan Cimahi Utara satu dapil, sedangkan Cimahi Tengah dan Selatan masing-masing menjadi dua dapil. (Bubun)  

    Comments

    Nama  
    Email  
    Komentar  
    Komentar Anda akan muncul setelah disetujui oleh Admin
  • web design by javwebnet