• Kades Sukamantri Lontarkan OPD-OPD Ciamis Kurang Sinergitas Pengentasan Kemiskian

  • Berita  
  • 103 view  
  • 0 comments
  • Ciamis,BEDAnews.com

    Kepala Desa Sukamantri Kecamatan Sukamantri, Ii Kuswara (62) mengatakan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Ciamis Kurang sinergitas dalam upaya pengentasan kemiskinan “Seperti misalnya Lampu penerangan Jalan, Dinas hanya memasang saja sementara bila rusak bagi mana perawatannya dan lainnya kan perlu kontiunitas dari kedinasan” ujar Ii Kuswara.

    Sinergitas OPD-OPD sangat diperlukan karena program pembangunan tidak bisa berdiri sendiri atawa ditangani satu sektor saja, hal itu disampaikan Kades kepada BEDAnews selasa (18/9/2018) pasca pembukaan acara Bimbingan Motifasi Bagi KPM Pada Kegiatan Penaganan Fakir Miskin Pedesan Melalui Kube yang diselenggarakan kerja bareng Dinsos Provinsi Jabar dengan Dinsos Kabupaten Ciamis di Aula Desa Sukamantri, “Harus ada sinergitas antara OPD-OPD agar perogram bisa berhasil” ujarnya singkat.

    Sementara itu, terkait Bimbingan Motivasi yang diikuti para Keluarga prasejahtera (fakir miskin) warga desanya dengan menghadirkan materi pengembangan eksodus web dengan narasumber dari Dinas Peternakan dan Perikanan, organisasi dan sumber kesejahteraan sosial dari BKPSDM, dan materi mekanisme pelaporan Kube oleh Dinsos, Ii Kuswara mengatakan warga desa Sukamantri yang masuk kategori fakir miskin sesuai data tidak lebih 10% diharapkan bisa mencerna materi yang di perolehnya yang nantinya tidak lagi memerlukan lagi bantuan keuangan dari pemerintah.

    Kadinsos Ciamis, Dr. Hj. Yeyet Trisnayati T usai membuka resmi kegiatan memberikan pernyataan fakir miskin diberikan motifasi dengan harapan bisa mendorong masyarakat agar keluar dari garis kemiskinan hingga angka pendataan kemiskinan bisa berkurang ”Melihat Desa Sukamantri dengan komitmen di Kecamanatan Sukamantri harus ada desa yang mandiri, dan kita konsen dengan sasaran angka fakir miskin sebagai objek program nantinya bisa berkurang” ujarnya, diantaranya peran penting Karang Taruna yang harus didorong agar bisa berperan.

    Bagimana pengembangan diri dan potensi sumberdaya yang ada diwilayah, bagaimana kelompok bisa meningkatkan penghasilan perekonomian sehingga mereka bisa berubah dari kategori Fakir miskin kedepannya bisa berubah tidak lagi di kategori fakir miskin menjadi sorotan yang yang akan disentuh narasumber Widyaiswara ahli muda BKPSDM Kabupaten Ciamis, Syamsul Bahri “Baik sumberdaya alam maupun potensi SDM di Desa sukamantri sangat memberikan peluang untuk keluar dari garis kemiskinan, diantaranya dengan memberikan wawasan dan keterampilan” ujarnya, ia lebih menyentuh bagai mana pengembangan potensi diri dari para fakir miskin dalam kelompok bersama (kube) dengan bagai mana apa yang diberikan Allah dari mulai tangan dan anggota tubuh lainnya bisa bermanfaat. (abraham)

     

    Comments

    Nama  
    Email  
    Komentar  
    Komentar Anda akan muncul setelah disetujui oleh Admin
  • web design by javwebnet