• Komunitas 85 Bandung, Gelar Baksos Donor Darah

  • Berita  
  • 1365 view  
  • 0 comments
  • BEDAnews, Bandung

    Tingginya kebutuhan dan permintaan akan darah khususnya di Kota Bandung dan Jawa Barat pada umumnya, mengilhami Komunitas 85 SMPN 19 Bandung untuk mengelar Bhakti Sosial Donor Darah yang digelar Minggu, (18/3) di SMPN 19 Bandung.   

    Kegiatan bhakti sosial donor darah tersebut, menurut Ketua Komunitas 85 Heri Chaerullah, merupakan salah satu dari agenda kegiatan organisasi yang bersifat sosial dan sebagai bentuk kepedulian dari organisasi dibidang kemanusiaan.

    “Ini kegiatan untuk kali pertamanya, dan Allhamdulillah cukup mendapatkan respon termasuk dari angkatan lainnya. Rencananya, kegiatan bhakti sosial donor darah ini akan dilakukan rutin. Ya…. minimal setahun 2 kali lah..,” jelas Heri.

    Acara bakti sosial donor darah ini lanjut Heri, merupakan kerjasama antara Komunitas 85 SMPN 19 Bandung dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Bandung, yang diikuti komunitas dari berbagai angkatan dan partisipan sebagai peserta donor darah.

    Sementara itu perwakilan PMI Kota Bandung, dr. Syahud menyatakan bahwa kegiatan baksos donor darah ini juga merupakan ajang pengenalan, karena 90 persen peserta donor darahnya merupakan pendonor pemula.

    Sehingga sangatlah wajar, hanya setengahnya saja dari jumlah perserta pendaftar yang berhasil menjadi pendonor darah, dan sisanya terpaksa urung mendonorkan darahnya karena ketidak siapan secara fisik.

    Menurut dr. Syahud, tereliminasinya sebagian calon pendonor tersebut karena dengan berbagai alasan. Namun intinya adalah ketidak tahuan bahwa sebelum mendonorkan darah itu harus mempersiapkan diri sebelumnya, seperti istirahat cukup, tidak begadang (cukup tidur), tidak memiliki riwayat penyakit tertentu dan sebelumnya tidak mengkumsumsi obat, termasuk obat flu sekali pun.

    Namun sebagai pelaksanaan pemula, kegiatan yang digelar Komunitas 85 SMPN 19 Bandung ini dinilai dr. Syahud terbilang bagus dan sukses. “Kegiatan pertama ini juga merupakan sosialisasi, sehingga kedepan para calon pendonor lebih mempersiapkan diri lagi sebelumnya,” jelasnya. (Bud)

     

     

    Comments

    Nama  
    Email  
    Komentar  
    Komentar Anda akan muncul setelah disetujui oleh Admin
  • web design by javwebnet