• Ombudsman Akan Rekomendasikan E-RK Untuk Instansi se Indonesia

  • Berita  
  • 26 view  
  • 0 comments
  • BANDUNG, BEDAnews.com - Ketua Ombudsman RI, Amzulian Rifai mengaku akan merekomendasikan instansi-intansi di Indonesia untuk menggunakan aplikasi Elektronik Remunerasi Kinerja (E-RK).

    “Ini adalah salah satu bentuk keberhasilan Pemkot Bandung. Aplikasi ini tentu untuk berbagi pakai kepada institusi lain, termasuk Ombudsman. Kalau Ombudsman memandang itu bagus, ya kenapa tidak,” tutur Amzulian, saat penandatanganan perjanjian hibah aplikasi E-RK, di Balai Kota Bandung, Jumat (5/10/2018).

    Amzulian mengapresiasi berbagai lompatan perbaikan pelayanan publik yang terjadi di Kota Bandung. Dalam 3 tahun, Pemkot Bandung mampu menghilangkan rapor-rapor merah pelayanan publik di seluruh instansi. Namun, kualitas pelayanan publik di Indonesia tidak bisa dilihat dari salah satu institusi saja sehingga kebaikan itu juga harus merata di Indonesia.

    “Tidak bisa kita bilang pelayanan publik di Indonesia sudah baik jika hanya dilihat dari beberapa institusi saja. Harus dari semua instansi di Indonesia,” imbuhnya.

    Aplikasi E-RK menurut Amzulian, merupakan sistem untuk memastikan para ASN bekerja minimal 6000 menit dalam sebulan. Di Kota Bandung, aplikasi ini terhubung dengan Tunjangan Kinerja Dinamis (TKD).

    Kendati begitu, Amzulian tetap mengimbau agar kecanggihan teknologi ini juga ditunjang dengan kualitas manusia penggunanya. “Teknologi apapun yang kita buat, kembali kepada manusianya. Boleh saja kita bilang teknologi bagus, kelihatannya sempurna. Tetapi itu tergantung  ‘man behind the gun’-nya,” katanya.

    Kelebihannya, lanjut Amzulian, teknologi bersifat general yang berlaku untuk semua. Teknologi akan berjalan persis sesuai dengan sistem.  “Paling tidak, dengan teknlologi yang berlaku untuk semua, teknologi kan tidak diskriminatif., Sehingga dapat mereduksi hal-hal yang sifatnya selama ini mungkin saja terjadi,” tuturnya. (BD)

     

    Comments

    Nama  
    Email  
    Komentar  
    Komentar Anda akan muncul setelah disetujui oleh Admin
  • web design by javwebnet