• Pembangunan Embung Sebagai Pendorong Ekonomi Pertanian Desa

  • Berita  
  • 51 view  
  • 0 comments
  • SULTENG, BEDAnews.com - Embung atau cekungan penampung (retention basin) adalah cekungan yang digunakan untuk mengatur dan menampung suplai aliran air hujan serta untuk meningkatkan kualitas air tanah, yang natinya digunakan para petani untuk mengairi lahan di musim kemarau. Sebab itu, pembangunan embung sangat dibutuhkan sebagai pendorong ekonomi pertanian masyarakat pedesaan di wilayah Indonesia.

    Khususnya di wilayah Indonesia bagian timur yakni Sulawesi Tengah, pembangunan embung sangat dibutuhkan mengingat tata letak geografis Provinsi Sulawesi Tengah merupakan wilayah pertanian. Karena itu, Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah melalui Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura menargetkan pembangunan embung dibeberapa titik Kabupaten Sulteng dapat terealisasi baik.

    "Target tahun 2017 kemarin, ada rencana 30 ribu pembangunan embung yang tersebar diseluruh Indonesia" Kata Kadis Distanhorti Sulteng, Tri Iriani Lamakampali di Palu, Jumat, (02/02/2018) kemarin.

    Menurut Tri Iriani, untuk  pembangunan embung di Sulteng pihaknya masi menunggu informasi data resmi. "Pembangunan embung itu, melalui Direktorat Jendral Sarana Prasarana Pertanian. Akan tetapi, kegiatan itu juga dilaksanakan oleh Badan Pemberdayaan Desa," jelasnya.

    Tri Iriani juga mengungkapkan, pembangunan embung merupakan bagian pengembangan sarana dan prasarana bantuana APBN. "Pembangunan embung itu dianggarkan melalui sumber dana APBN. Jadi kegiatan melalui APBD itu mendukung kegiatan yang tidak disentuh APBN, tegas Tri Iriani. 

    Selain itu, Tri Iriani mengharapkan, titik lokasi pembangunan embung di Sulteng dapat tepat sasaran. Sehingga pengembangan dan pembangunan embung di Kabupaten dapat menjadi roda pendorong naiknya ekonomi  pertanian didesa.

    "Jujur ingin saya sampaikan kita masi meminta data resmi untuk pembangunan embung di Sulteng. di Kabupaten mana saja dan jumlahnya berapa, muda-mudahan tepat sasaran. Sebab kita tahu, secara umum desa adalah sumber utama untuk mendongkrak ekonomi bangsa Indonesia”, jelasnya.

    Pemerintah Kabupaten dan Kota, menurutnya sangat menentukan suksesnya program pembangunan embung ini. "Pemerintah Provinsi merupakan perwakilan pemerintah pusat. Sedangkan pemilik wilayah dan sumber daya manusia yakni pemerintah kabupaten dan kota itu. Tupoksi kami dinas tanaman pangan hortikultural sulteng yakni utamanya menyediakan produksi". (RAHMAD NUR)

     

     

    Comments

    Nama  
    Email  
    Komentar  
    Komentar Anda akan muncul setelah disetujui oleh Admin
  • web design by javwebnet