• Pembayaran Pengantian Lahan Kereta Api Cepat Indonesia, Melalui Transfer

  • Berita  
  • 76 view  
  • 0 comments
  • SOREANG, BEDAnews.com - Sebanyak 928 Bidang tanah yang berada pada lahan seluas 109,9 hektar akan menjadi lahan yang dibebaskan untuk infrastruktur mega Proyek Kereta Api Cepat Indonesia. Proyek yang akan menghabiskan dana Rp. 79,9 trilyun ini merupakan proyek kolaborasi dengan Pemerintah China.

    Menurut Kepala Kantor ATR BPN Kab. Bandung, H. Atet Gandjar Muslihat, lahan yang paling banyak di bebaskan untuk mega Proyek tersebut berada di wilayah Kab. Bandung, dari Buah Batu hingga Rancaekek.

    Pada Minggu Ini PT. PSBI (Pilar Sinergi BUMN Indonesia) dengan konsorsium PT. KCIC (Kereta Cepat Indonesia China) akan memberikan penggantian pada masyarakat berupa uang yang langsung di transfer Ke rekening masing-masing pemilik tanah.

    "Target kami, semua penggantian akan beres pada April 2018 Ini," tegas Kepala Kantor ATR BPN Kab. Bandung, H. Atet Gandjar Muslihat, pada acara pembayaran tanah untuk masyarakat dari 3 Kecamatan.

    Dalam kesempatan tersebut, Ir. Adi Gunari dari PT. PSBI menyatakan bahwa pembayaran untuk penggantian lahan Itu akan dilakukan sekaligus bagi mereka yang sudah siap baik dalam administrasi maupun hal lainnya. Dan diharapkan uang penggantian lahan tersebut akan digunakan sebaik mungkin.

    Sebanyak 47 orang yang merupakan bagian dari delapan Desa dari tiga Kecamatan yaitu, Cileunyi, Rancaekek dan Bojong Soang berkumpul di Gedung Korpri untuk mendapatkan penggantian.

    Setelah selesai nanti, Kereta Cepat ini akan memakan waktu 45 menit dari Bandung ke Jakarta. Diakui oleh Ir. Adi Gunari, untuk Wilayah KBB yang memiliki struktur tanah labil, diperlukan sebuah tehnik dan metode yang canggih mengingat kontur tanahnya yang berliku dengan ketinggian yang berbeda.

    "Untuk Itu nanti akan di bangun tunnel yang disesuaikan dengan kondisi topographi daerah bersangkutan. Namun untuk wilayah Kabupaten Bandung, kondisinya datar dan tidak terlalu memerlukan metode khusus. Yang kami fokuskan saat Ini adalah pembebasan yang harus selesai di bulan April," cetusnya.

    Nilai penggantian tanah tertinggi mencapai angka Rp. 5 M lebih. Meliputi lahan Pertanian dan pemukiman. Pihak PT. KSBI memberikan harga yang cukup layak sehingga tidak merugikan pada masyarakat yang terkena dampak. (Zarina)

     

    Comments

    Nama  
    Email  
    Komentar  
    Komentar Anda akan muncul setelah disetujui oleh Admin
  • web design by javwebnet