• Pemberdayaan Wilayah, Kodim 0703/Cilacap Gelar Pembinaan RTRW

  • Berita  
  • 96 view  
  • 0 comments
  • Cilacap, BEDAnews.com

    Kodim / 0703 Cilacap gelar sosialisasi pembinaan penyusunan Rencana Tata Ruang Wilayah Pertahanan Darat (RTRW Hanrat), yang berlangsung di Aula Satya Kartika Makodim 0703/Cilacap, Kamis (12/10).

    Kasim 0703/Cilacap Mayor Inf. A. Rofiq Alfian, dalam sambutannya mengatakan, TNI AD sebagai komponen utama kekuatan pertahanan negara di darat bersama dengan komponen kekuatan pertahanan lainnya harus dapat memberdayakan dan memanfaatkan sumber daya yang ada, sehingga siap dimobilisasi dan digunakan untuk mewujudkan kesemestaan dalam menghadapi setiap ancaman dan gangguan terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia.

    "Pemberdayaan wilayah negara dilaksanakan dengan cara mempersiapkan wilayah serta mengatur pembangunannya sedini mungkin agar setiap saat apabila dibutuhkan, kondisi wilayah siap mendukung penyelenggaraan pertahanan negara," kata Mayor Inf. Rofiq, Kamis (12/10).

    Dijelaskan, kegiatan sosialisasi penyusunan RTRW Hanrat ini sangat penting, yang bertujuan untuk menyamakan persepsi tentang penyusunan RTRW yang berkaitan dengan fungsi pertahanan, dimana selama ini penyusunan RTRW Hanrat oleh Satkowil umumnya sudah berpedoman pada buku panduan sementara, namun belum terdapat keseragaman dalam bentuk format maupun esensi isi didalamnya dan implementasinya juga belum terintegrasi secara baik dengan tata ruang wilayah yang dibuat oleh Pemerintah Daerah.

    Untuk itu, Kasdim berharap melalui sosialisasi ini, para peserta akan memiliki pengetahuan dan pemahaman yang sama secara mendalam tentang berbagai hal yang berkaitan dengan penyusunan RTRW Hanrat di wialayahnya masing-masing, sehingga dengan adanya kegiatan sosialisasi pembinaan penyusunan RTRW Hanrat ini dapat sesuai dengan apa yang diharapkan oleh Komando Atas yang disesuaikan dengan kondisi daerah masing-masing.

    Kasdim minta kepada para peserta sosialisasi agar dapat mengikuti dengan sepenuh hati dan memperhatikan seluruh materi yang diberikan dengan sebaik-baiknya, tanyakan dan diskusikan apabila ada hal-hal yang tidak dimengerti atau belum dipahami secara jelas, sehingga setiap  peserta benar - benar dapat memahami berbagai hal yang berkaitan dengan penyusunan RTRW Hanrat, baik itu menyangkut tentang jenis tanah, bencana alam, curah hujan, pulau-pulau di wilayah, daerah tempur, daerah belakang, daerah pangkal perlawanan maupun jumlah Koramil dan Kecamatan maupun luas daerah, pungkasnya. (Kamsi Gautama) 

    Comments

    Nama  
    Email  
    Komentar  
    Komentar Anda akan muncul setelah disetujui oleh Admin
  • web design by javwebnet