• Pengurusan sertifikat Tanah Lelet Berbau Pungli, BPN didemo HMI

  • Berita  
  • 234 view  
  • 0 comments
  • Ciamis,BEDAnews

    Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) berdemo di halaman Kantor Badan Pertanahan Nasional Kabupaten Ciamis, rabu (5/4/2017) menuntut Pelayanan pembuatan sertifikat tanah jangan dipersulit, ditunda-tunda, serta ditiadakan peraktek pungli di pelayanan BPN kepada pemohon pengurusan sertifikat.

    Dikatakan Kordinator Aksi yang juga Ketua Bidang PPD HMI Ciamis, Jamaludin kepada BEDAnews.com ujarnya aksi dilaksanakan lantaran HMI Ciamis telah melaksanakan uji petik di beberapa desa ternyata pembuatan sertifikat terkesan lelet hingga ada yang bertahun-tahun tidak kelar, “Dari uji petik itu maka hari ini kami datangi Kantor BPN agar menjadi perhatian bersama bahwa peroses pelayanan BPN harus perofesional” ujar Jamal.

    Disuarakan pemberantasan Pungutan Liar (Pungli) ”Lantaran pungli rawan terjadi di instansi pelasyanan publik, aksi ini digelar juga dalam upaya sosialisasi pungli yang nyatanya memberatkan rakyat, jangan hanya dilihat dari nilainya yang Rp 50ribu  atau 10ribu rupiah” ujar Jamaludin dengan menegaskan dengan dikeluarkannya Perpres No 87 tahun 2016 tentang Saber Pungli maka upayanya harus dilakukan secara tegas, terpadu, efektif, dan efesien, serta mampu menimbulkan efek jera bagi pelakunya.

    Peserta demo di terima Kkepala BPN Ciamis, Yus Sudarso yang sekaligus meminta agar dalam pengurusan sertifikat tanah perlu diketahui dan dipenuhi para pemohon agar menyerahkan berkas permohonan lengkap, “Setelah berkas lengkap, kami baru memperoses sebagai mana perosedur yang berlaku” kata Yus.

    Demo yang berlangsung cukup singkat itu diakhiri dengan penandatanganan Pakta Integritas oleh Kepala Kantor BPN Ciamis bersama Ketua Umum HMI Cabang Ciamis berisikan tiga pernyataan BPN memberikan jaminan bahwa pelayanan akan dilaksanakan sesuai prosedur, tidak ada pungli, serta dalam pengerjaannya tidak akan ada penundaan. (abraham)

     

    Comments

    Nama  
    Email  
    Komentar  
    Komentar Anda akan muncul setelah disetujui oleh Admin
  • web design by javwebnet