• Ponpes PASGAB At-Tawasul Cianjur

  • Berita  
  • 560 view  
  • 0 comments
  • Cianjur, BEDAnews.com

    Ponpes Pasgab At-tawasul ternyata berbeda dengan Pesantren-pesantren yang di kenal pada umumnya, di Pesantren Pasgab ini di samping Rutinitas keseharianya sama mengajar para santri, tapi ada hari hari tertentu yang melibatkan jamaah di luar santri.

    Saat Wartawan berkunjung dan sekaligus Konfirmasi ke Pesantren Pasgab ini, langsung di terima oleh Sesepuh Pesanten Abah Sepuh ( julukan beliau) di rumahnya.

    Menurut Abah Sepuh, Pesantren Pasgab ini di dirikan oleh Syeh Abdulloh Wajin dari tahun 1932 - 2008. Sepeninggal Syeh Abdulloh Wajin, pengelolaan Pesantren ini di lanjutkan oleh para putra Syeh yang terdiri dari Lima orang, yaitu Abah Sepuh, Abah Yassin, Abah Doa, Abah Aang dan Abah Bungsu, ke Lima Pengelola ini diberi Gelar  PANDAWA LIMA.

    Masih menurut Abah Sepuh, kegiatan pengajian yang melibatkan jamaah di luar santri adalah Pengajian Manakib pada malam Selasa, dan pada malam Jumat pengajian Tawassul di lanjutkan dengan Pengajian Yasin Fadilah, jamaah yang ikut di pengajian ini rata rata mencapai 500 jamaah yang datang dari berbagai Kota di Jawa Barat.

    Perlu di ketahui lanjutnya bahwa, Pesantren Pasgab At-tawasul ini sudah membuka cabang di berbagai Kota di beberapa Propinsi, 140 cabang sudah kami resmikan dan mudah mudahan akan terus bertambah.

    “Tujuan utama kami adalah meneruskan Cita cita Ayahanda kami untuk menyatukan Islam dalam Islam, sehingga akan tercipta nantinya bahwa Muslim itu Bersaudara,” imbuhnya.

    Saat di tanya apakah ada kegiatan sosial yang dilakukan secara rutin? Abah sepuh menjawab ada, setahun dua kali kami melakukan Santunan anak yatim dan Sunatan massal, pungkasnya.

    Kendala yang ada saat ini menurut pantauan Wartawan adalah, medan untuk mencapai Pesantren Pasgab ini sangat berat karena Lokasi nya lumayan jauh dari pusat Kota dan Jalan yang di lalui ruksak berat. Dengan di muatnya berita ini, semoga saja Pemda Cianjur bisa mengalokasikan APBD nya untuk memperbaiki jalan ke lokasi pesantren Pasgab ini. (H.A/Ujang)

    Comments

    Nama  
    Email  
    Komentar  
    Komentar Anda akan muncul setelah disetujui oleh Admin
  • web design by javwebnet