• Rekrutmen Pegawai PDAM Ciamis Dinilai Ekslusif Tuai Kegaduhan

  • Berita  
  • 177 view  
  • 0 comments
  • Ciamis.BEDAnews

    Tudingan Dugaan Rekrutmen pegawai PDAM Tirta Galuh dilakukan ekslusif lantaran dinilai kurangnya tranfaransi baik pengumuman  pembukaan kesempatan lowongan kerja,  peroses tahapan, siapa yang lolos dan gugur, hingga berbau nepotisme, serta tercium nuansa titipan terlontar dari beberapa narasumber terdiri 3 orang pelamar yang tidak mau ditulis namanya dan tokoh masyarakat.

    Seperti dikatakan dan ditulis oleh yang mengaku Hamba Allah menyayangkan informasi tentang kesempatan rekrutmen, Tahapan seleksi, hingga hasil. “menurut saya seleksi penerimaan pegawai tidak transfaran karena minim informasi bagi pelamar. Seleksi tersebut diduga hanya formalitas saja, karena yang diterima kebanyakan yang mempunyai sodara/ orang dalam di PDAM” tulisnya, menurutnya hasil seleksi harus diumumkan secara transfaran minimal dipublikasikan di website PDAM,   asas teransfaransi menghindari peraktek kecurangan pun menduga ada unsur nepotisme “Anehnya teman saya selalu dapat kabar sebelum pengumuman resminya mungkin karena ada orang dalam ya” tulisnya.

    Pemberitahuan tahapan seleksi diperoleh via SMS dan telfon untuk mengambil surat pemberitahuan, namun tidak mendapat hal serupa bagi yang lainnya membuat galau menunggu tanpa kepastian,  ”Kecewa tidak diumumkan, ini  tidak memberikan kesempatan kepada  yang membutuhkan pekerjaan untuk mendapatkan kehidupan lebih layak” keluhnya. Nampak nuansa titipan dan nepotisme pada rekrutmen 28 Tenaga teknis  dan Administrasi  untuk menjadi karyawan tetap, ia mengaku ketika tes wawancara ditanya ada saudara karyawan PDAM tidak, ”Ada dugaan muncul nepotisme bisa dibuktikan karena anak Dirut, dan anak Kabag lolos seleksi” ketusnya. kenyataan bila benar ada dan sesuai dengan Peraturan Direksi tentang tata cara pengangkatan dan pemberhentian pegawai PDAM, yang merupakan turunan dari Perda No 10 tahun 2008 tentang PDAM Tirta Galuh Ciamis.  

    Toni Ichlas mengatakan Komite Pengawas PDAM sedang pakum ditambah rekrutmen menuai kegaduhan lantaran dinilai tidak teransfaran.  “Para tokoh sudah menangkap kabar katanya penjaringan yang terjadi parah, dilakukan tidak terbuka dengan alasan konyol kami tidak bisa menampung” ujar Toni.  “Yang seperti ini harus terbuka bahkan diumumkan di media, walaupun di surat pemberitahuan bukan hanya menuliskan Anda Tidak Beruntung tapi harus juga melampirkan data/ nama-nama yang lolos maupun gugur”. PDAM Tirta Galuh adalah BUMD artinya milik Pemkab Ciamis, dalam hal ini milik masyarakat Ciamis. Jadi ketika melakukan penjaringan pegawai pelaksanaanya tidak sesederhana itu, sebagai sarana untuk mendapatkan SDM-SDM yang kredible, maka harus dibuka secara meluas dimanfaatkan website yang sudah tersedia, dan disaring secara profesional dengan harapan didapatkan para karyawan baru berkualitas sehingga bisa memberikan pelayanan memuaskan pelanggan.

    Sementara itu, jumat (3/11/2017) Dirut PDAM Tirta Galuh, Cece dan Humasnya Dadan F kepada BEDAnews.com membantah bila rekrutmen bernuansa KKN, namun mengakui  bila Dirut dititipi orang tertentu termasuk beberapa Anggota DPRD. “Rekrutmen karyawan PDAM mendapat antusias dan diminati, kita telah melakukan proses rekruitmen secara objektif dan benar tanpa KKN” tegas Cece. Terkait yang gugur tidak ada pemberitahuan ujarnya Itu mah bukan suatu keharusan yang lain pun begitu,  Kita punya aturan yang mereka harus patuhi.

     

    Dadan F menambahkan tidak di informasikan di website PDAM dan diumumkan di papan informasi, intinya diumumkan supaya PDAM dapat memilih yang terbaik  ”Sebelum dimulai, ada antrian 800 pelamar. Tidak diumumkan saja mereka sudah care terhadap PDAM.  Jadi daftarnya juga bukan karena ada kesempatan dan pengumuman” kata Dadan. Kita punya cara berfikir dari dulu   akan mendahulukan orang  yang respon terlebih dahulu artinya kita membuka kepada yang sudah care terhadap perusahaan, mereka yang ada keinginan untuk bergabung ke perusahaan sudah berusaha melamar,”Sekarang pun kalau mau melamar kita terbuka silahklan saja melamar untuk kesempatan selanjutnya” ujar Dadan.  (abraham /tim)

     

    Comments

    Nama  
    Email  
    Komentar  
    Komentar Anda akan muncul setelah disetujui oleh Admin
  • web design by javwebnet