• Saksi Ahli: STT Setia, Tidak Terdaftar di Kopertis III Jakarta

  • Berita  
  • 70 view  
  • 0 comments
  • JAKARTA, BEDAnews.com - Pengadilan Negeri Jakarta Timur, Rabu (11/4/2018) kembali menggelar perkara ijazah palsu STT Setia, dengan terdakwa Matheus Mangentang selaku Rektor dan Ernawaty Simbolon selaku Direktur di STT Setia.

    Jaksa penuntut umum (JPU) Asnawi dan Handry, menghadirkan saksi ahli Drs. Nursal, MM., selaku ketua bidang akademik kemahasiswaan dan ketenagaan dari Koordinasi Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis) III wilayah Jakarta.

    Dalam pernyataannya, saksi ahli menyatakan tidak kenal dengan terdakwa, dan Saksi juga menyatakan kalau STT Setia tidak ada dalam daftar perguruan tinggi swasta pembinaan oleh Kopertis. Selain itu, STT Setia juga tidak masuk dalam pangkalan data pendidikan tinggi ( PD Dikti), katanya.

    Mengenai prosedur pengurusan izin bagi perguruan tinggi, saksi Nursal mengatakan, sebelum kopertis dibawah pantauan kemeristekdikti pada tahun 2014, perizinan perguruan tinggi harus dapat rekomendasi dari kopertis, setelah itu diteruskan ke Kementrian.

    Dijelaskan Nursal, lantaran STT Setia tidak ada dalam daftar binaan kopertis III, maka pihak kopertis tidak berkewajiban membinanya.

    Nursal juga menyampaikan, kopertis tidak memiliki wewenang mengeluarkan akreditasi, yang mengeluarkan akreditasi adalah BAN (badan akreditasi negara).

    Menanggapi kesaksian Nursal tersebut, penasihat hukum terdakwa Tommy Sihotang menyatakan  STT Setia berada di kopertis IV wilayah banten dan menyampaikan ada buktinya, kata Tommy Sihotang.

    Sementara menurut JPU Asnawi, hal itu tidak bisa menjadi penguat bukti karena penasehat hukum harus menempatkan tempo dan locus delicti, sebab STT yang bermasalah ini pada tahun 2009 lalu di kampung Pulo Jakarta Timur, katanya.

    Selanjutnya sidang akan diteruskan Minggu depan dengan agenda masih saksi dari JPU. (Rudi/Eva)

    Comments

    Nama  
    Email  
    Komentar  
    Komentar Anda akan muncul setelah disetujui oleh Admin
  • web design by javwebnet