• Sertifikasi Guru Garut, Ditargetkan Selesai 2014 ?

  • Berita  
  • 1236 view  
  • 3 comments
  • Garut, BEDAnews

    Proses sertifikasi guru, akan selesai tahun 2014 karena belum ada surat dari Pemerintah Pusat, demikian disampaikan Mapendais Kemenag Kabupaten Garut H. Edi Imrani, Sabtu (16/3).

    Edi menjelaskan, guru yang mengajukan sertifikasi pada tahun 2013 itu masih bisa, karena hingga saat ini pihak kemenag Kabuaten Garut belum menerima surat kapan program Sertifikasi berakhir, apalagi dengan adanya wacana bahwa tahun 2014 sertifikasi berakhir itu masih belum jelas, kata Edi saat dijumpai Bedanews.com diruang kerjanya.

    Berdasarkan fakta-fakta tersebut menurutnya, proses sertifikasi guru belum tentu selesai dua tahun lagi. Setelah melewati berbagai seleksi yang dilakukan Kemenag, masih banyak Guru di kabupaten Garut dibawah naungan Kemenag Garut yang belum lolos sertifikasi, karena soal sertifikasi itu kebijakan Pemerintah Pusat, katanya.

    Coba bayangkan, masih banyak guru baik PNS maupun non PNS yang belum terjaring oleh sertifikasi, syukur kalau guru non PNS yang belum terjaring sertifikasi langsung diangkat PNS. Itu langkah yang paling tepat,” katanya.

    Yang jelas kata Edi, berkaitan dengan aturan sertifikasi guru, kebijakan seperti itu sampai hari ini belum terima intruksi maupun surat resmi tentang ditutuupnya program setifikasi tahun 2014. Tetapi, kalau kebijakan Pemerintah Pusat bahwa yang berkaitan dengan sertifikasi ditutup pada tahun 2014 itu akan diikuti apapun kalau ditetapkan oleh pemerintah Pusat.

    Namun, dengan adanya isu bahwa guru non PNS tidak terjaring oleh program sertifikasi akan di angkat PNS, sebenarnya itu langkah yang paling tepat karena khawatir bila non PNS tidak terjaring oleh Sertifikasi, tutur Edi.

    Perlu difahami ada beberapa kendala yang menyebabkan guru-guru tersebut tidak lolos seleksi sertifikasi, misalnya tidak memenuhi syarat karena belum mendapatkan gelar sarjana (S-1) ataupun belum berusia minimal 50 tahun dan telah memiliki masa kerja selama 20 tahun.

    Berdasarkan fakta-fakta tersebut, proses sertifikasi guru tersebut diprediksi akan selesai dua tahun lagi. Setelah melewati berbagai seleksi, saya rasa tidak semua guru dari jumlah yang diajukan semuanya lolos sertifikasi, dan Alhamdulillah di kabupaten Garut dari Guru MA, MTs, MI, yang sudah lolos sertifikasi barangkali itu sesuai dengan kriteria, dan bagi yang belum lolos mudah-mudahan pada tahun 2013/2014 bisa lolos, kata Edi.

    Yang terpenting dari proses sertifikasi guru adalah melakukan seleksi yang lebih adil dan akuntabel dengan mendahulukan orang-orang yang memang memiliki kemampuan lebih baik atau waktu mengabdi lebih lama. "Hakikat dari sertifikasi adalah bagaimana mendahulukan orang-orang yang lebih baik," ujarnya. (Sighar)

    Comments

    mamay | 2013-11-24 20:08:20

    ...semoga guru mi lulus sertifikasi semua

    MAHRUF | 2013-07-21 11:57:29

    saya masa kerja 23 th saat ini umur saya 48 th kuliah belum selesai karena banyak yang di her apakah bisa sertifikasi atau tidak

    iqbal | 2013-06-10 14:43:39

    alangkah baiknya non pns dari kemenag diangkat menjadi pns dikarenakan alasannya adalah saya sudah sertifikasi dan infasing sudah lebih bijak lah pemerintah menyikapi ini terimakasih

    Nama  
    Email  
    Komentar  
    Komentar Anda akan muncul setelah disetujui oleh Admin
  • web design by javwebnet