• Simulasi Pencoblosan Pemilu di Jabar Hanya 30% Benar

  • Berita  
  • 25 view  
  • 0 comments
  •  Bandung BEDAnews.com

    Jelang hari H pencoblosan pada Pemilhan umum Presiden dan Legislatif 2019, Komisi I DPRD Jabar yang berkaitan dengan Hukum, Pemerintahan Politik dan  HAM, telah melakukan kunjungan kerja untuk menyaksikan simulasi pencoblosan yang dilakukan oleh beberapa KPU dan Bawaslu di beberapa Kabupaten/kota di Jabar.

    “Dari hasil pemantauan lapangan kenyataan yang ada cukup membuat kaget karena , ternyata yang mencoblos secara benar dan sah rata-rata dikisaran 30.persenan.“ Demikian dikatakan Drs. H. Yusup Fuadz.anggota Komisi I DPRD Jabar kepada wartawan di Bandung, Rabu (6/2).

    Politisi PPP  Jabar ini mengatakan. Kekurang pahaman masyarakat yang mengikuti simulasi, yang diselenggarakan oleh beberapa KPU Kabupaten/kota menandakan bahwa KPU masih sangat kurang dalam melakukan sosialisasi. 
    “Mumpung masih ada waktu, Komisi I DPRD Jabar meminta pihak penyelenggara pemilu (KPU dan Bawaslu) untuk terus meningkatkan kegiatan sosialiasi dan simulasi tata cara pencoblosan yang benar dan sah”, Ujarnya.

    Lebih jauh dikatakannya, untuk mendukung kegiatan sosialisasi tersebut, pihak KPU Jabar dan Kabupaten/kota selain mendapatkan anggaran dari Pusat juga dibantu dari APBD Jabar dan Kab/kota. Namun, fakta dilapangan ternyata Komisi I menemukan masih cukup banyak masyarakat yang tidak tahu tanggal pencoblosan (17 April). Apalagi tata mencblosan dengan benar dan sah. 
    Hal ini tidak terlepas dari masih kurangnya KPU dan Bawaslu dalam melakukan sosialisasi. Padahal, kita sangat berharap angka partisipasi masyarakat pada Pemilu 2019 lebih baik dan meningkat dari Pemilu 2014 lalu,”Harapnya. 

    Wakil Ketua DPW PPP Jabar ini juga mengatakan, PPP sendiri  pernah beberapa kali melakukan simulasi pencoblosan internal, ternyata hasilnya juga tidak jauh beda dengan apa yang dilakukan oleh KPU Kab/kota.

    Bahkan, bagi orang tua usia lanjut, untuk mencoblos 5 kertas suara (Pilpres, DPRRI, DPD, DPRD Provinsi dan DPRD Kab/kota) paling cepat menghabiskan waktu sekitar 10 menit dibalik kota suara.”.@hermantz

    Comments

    Nama  
    Email  
    Komentar  
    Komentar Anda akan muncul setelah disetujui oleh Admin
  • web design by javwebnet