• Siswa Miskin Berprestasi Sejak SD Hingga SMK, Tidak Pernah Terima Bantuan Pemerintah

  • Berita  
  • 121 view  
  • 0 comments
  • Bedanews.com LAMSEL

    Pendidikan adalah sesuatu yang sangat penting untuk menghapuskan kebodohan dan untuk menciptakan generasi yang memiliki pengetahuan, agar mampu menjawab tantangan dunia dimasa depan sehingga pemerintah terus meningkatkan anggaran untuk pendidikan.

    Namun ternyata didaerah masih ada saja siswa dari keluarga miskin yang tidak pernah merasakan program bantuan dari pemerintah, khususnya bantuan Program Keluarga Harapan (PKH)  dan Bantuan Siswa Miskin (BSM) dan ironisnya hal ini dialami siswa miskin sekaligus adalah siswa berprestasi dengan menjadi juara kelas sejak duduk dibangku sekolah dasar (SD) hingga duduk di sekolah menengah kejuruan (SMK).

    Siswa miskin ini adalah Edi Setiawan anak dari pasangan orang tua kandung dari Sogimin  dan Simpun yang beralamat disebuah Dusun terpencil di kabupaten Lampung Selatan, yaitu Dusun Gunung Botol rt 01 Desa Penengahan, Kecamatan Penengahan.

    Menurut Sugimin (65), saya bersyukur Edi bisa menjadi juara kelas dan bisa jadi juara dibeberapa perlombaan baik dakwah dan baca qur’an. “Saya cuma berharap kelak, Edi bisa jadi orang yang baik dan bisa menjadi orang yang bermanfaat untuk orang lain,” ujarnya.

    Disinggung tentang bantuan pemerintah, Sugimin mengatakan, sejak SD sampai SMK, Edi nggak pernah dapat bantuan seperti yang lain misalkan PKH ataupun BSM. Kalau melihat yang lain dapat, tapi anak saya tidak sebenarnya saya iri dan kecewa, kenapa orang yang kehidupanya lebih mapan dapat malah orang yang pas-pasan dan lebih tidak mampu malah ngak dapat.

    "Saya sudah mengajukan bantuan beberapa kali dengan menyerahkan berkas foto kopy KK, KTP, KIS dan surat keterangan tidak mampu dari Pak Lurah, tapi sampai sekarang ngak ada hasil,” imbuhnya.

    Sementara itu, Edi Setiawan yang saat ini duduk dikelas XII SMKN 1 Ketapang Lampung Selatan mengatakan, saat ini dengan kondisi orang tua saya pasrah untuk melanjutkan kuliah karena saya tahu biaya kuliah itu pasti mahal kecuali pemerintah mau memberikan beasiswa, tentu saya senang untuk kuliah, ujarnya.

    Disingggung tentang apa yang sudah diraih diajang lomba luar sekolah, Edi mengatakan, ada beberapa perlombaan yang saya ikuti seperti perlombaan dakwah dan membaca qur’an dan untuk lomba dakwah antar SMA, SMK sederajat menjadi juara tiga tingkat provinsi Lampung, kalau untuk tingkat kabupaten saya bersyukur bisa meraih juara satu mas, imbuhnya.

    Ditambahkan Edi Setiawan, saya berharap ada pihak-pihak yang bisa membantu saya dan orang tua supaya saya bisa melanjutkan sekolah dan saya juga mohon nanti pemerintah bisa lebih baik dalam pendataan untuk membantu siswa agar bantuan BSM tepat sasaran dan semoga kedepan tidak ada lagi siswa miskin yang tidak menerima bantian PKH dan BSM. (AW/HK)

    Comments

    Nama  
    Email  
    Komentar  
    Komentar Anda akan muncul setelah disetujui oleh Admin
  • web design by javwebnet