• SMSI Jabar Gelar Rakerda dan Sosialisasi

  • Berita  
  • 70 view  
  • 0 comments
  • BANDUNG, BEDAnews.com — Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Jawa Barat yang merupakan wadah baru bagi perusahaan media berbasis internet, menggelar Rapat Kerja Daerah dan Sosialisasi SMSI, Rabu (1/11/2017) di Hotel Horison, Jalan Pelajar Pejuang, Kota Bandung.

    Rakerda dan Sosialisasi dengan tema “Membangun Media Siber yang Profesional dan Berintegritas” tersebut, dihadiri langsung Ketua Umum SMSI Pusat Teguh Santosa, Ketua SMSI Jawa Barat Hardiyansyah, Ketua PWI Jawa Barat Mirza Zulhadi, Kepala Badan Kesbangpol Provinsi Jawa Barat Rudi Gandakusuma, otonom PWI se-Jawa Barat, dan para pimpinan serta pemilik perusahaan media di Jawa Barat. 

    Ketua SMSI Jawa Barat Hardiyansyah dalam sambutannya menyebutkan, ditengah perkembangan teknologi informasi dan komunikasi, pers menghadapi tantangan yang tidak ringan. “Ketergantungan masyarakat pada dunia siber semakin hari semakin tinggi," jelas Andy, sapaan Hardiyansyah, mengawali sambutannya.

    Hadirnya SMSI akan menjadi wadah bagi kita semua untuk menciptakan media siber yang profesional dan berintegritas. SMSI juga nantinya akan membantu perusahaan-perusahaan media online menjadi perusahaan yang profesional dengan kualitas jurnalistik yang baik. “Kedepan, SMSI akan berdiri digarda terdepan dalam penanggulangan hoax yang muncul dimedia sosial,” ujar Hardiyansyah.

    SMSI juga lanjut Andy, nantinya akan membantu perusahaan-perusahaan media online menjadi perusahaan profesional dengan kualitas jurnalistik yang baik, dan SMSI akan berdiri di garda terdepan dalam penanggulangan hoax yang muncul di media sosial. 

    Sementara itu Ketua Umum SMSI Pusat Teguh Santosa, mengatakan saat ini telah terjadi pergeseran besar dalam dunia media. Dalam pergeseran tersebut, pimpinan media harus cermat dan jeli dalam menangkap peluang, jangan sampai terjebak dalam perubahan besar tersebut. 

    Teguh menjelaskan, SMSI tidak beranggotakan individu wartawan, tetapi perusahaan siber. Visinya, media anggota SMSI menjadi perusahaan profesional yang menjadi tumpuan para pekerjaannya. 

    Selain itu, SMSI bertekad membangun masyarakat digital yang beradab agar Indonesia tidak hanya jadi pengguna dan membicarakan tentang digitalisasi, tetapi pencipta aplikasi itu sendiri. "Kita ciptakan big data sendiri. Pekerjaan besar menanti kita," tambahnya.

    Dalam kesempatan tersebut, Gubernur Jawa Barat yang diwakili oleh Kepala Badan Kesbangpol Rudi Gandakusuma mengapresiasi gelaran SMSI Jawa Barat ini. Ia juga menyampaikan pesan dari Gubernur Jabar Ahmad Heryawan, bahwa wartawan memiliki empat fungsi, yakni pemberi informasi, pendidikan, hiburan, dan kontrol sosial. Sehingga apa yang akan disampaikan dalam rakerda SMSI hari ini bisa menelurkan gagasan yang baik.

    "Bahwa semua yang disajikan pers adalah informasi dengan berbagai fungsinya, harus memiliki kredibilitas," jelasnya.

    Mengakhiri sambutannya, Kesbangpol Rudi Gandakusuma berkesempatan membuka resmi Rapat Kerja Daerah dan Sosialisasi Serikat Media Siber Indonesia Jawa Barat. (BD)

     

    Comments

    Nama  
    Email  
    Komentar  
    Komentar Anda akan muncul setelah disetujui oleh Admin
  • web design by javwebnet