• Tuntutan Pendidikan Saat Ini Meningkatkan Inovasi

  • Berita  
  • 86 view  
  • 0 comments
  • BEDA, SURABAYA - Tuntutan dunia pendidikan saat ini adalah bukan seberapa banyak siswa yang belajar, tetapi seberapa kompeten mereka agar mampu berperan penting dan unggul dalam pergaulan global. Salah satunya adalah dengan meningkatkan inovasi.

    Hal itu diungkapkan Kepala Balitbang Kemendikbud, Totok Suprayitno, dalam forum Temu Inovasi untuk Anak Indonesia (INOVASI), sebuah program kemitraan pendidikan Australia-Indonesia, Kamis (26/4/2018) di Ruang Hayam Wuruk Kantor Gubernur, Surabaya Jawa Timur.

    Pembelajaran menurut Totok, tidak dilakukan secara konvensional, dimana guru ceramah murid mendengarkan. Tetapi lebih kepada proses dimana guru mendorong anak belajar sesuai potensi mereka.

    Pada akhir 2017, lanjutnya, INOVASI melakukan studi pemetaan praktik-praktik inovasi pendidikan di beberapa wilayah di Provinsi Jawa Timur.

    Pada acara Temu INOVASI ini, praktik-praktik yang menjanjikan hasil temuan studi pemetaan ditampilkan di area pameran dan pada sesi diskusi panel yang melibatkan para pelaku inovasi dari berbagai kabupaten/kota di Jawa Timur.

    Dalam kesempatan tersebut, Konsul Jenderal Australia di Surabaya, Chris Barnes, mennyebutkan Indonesia dan Australia, telah bekerjasama selama bertahun-tahun dalam memperkuat sistem pendidikan di Indonesia.

    “Kami percaya, bahwa pendidikan yang berkualitas sangat penting bagi Indonesia, karena hal ini berkontribusi langsung terhadap pembangunan sumber daya manusia, serta angkatan kerja yang sehat dan produktif,” katanya.

    Untuk itu melalui program kemitraan INOVASI, pihaknya berharap dapat mendukung Pemerintah Jawa Timur dalam meningkatkan hasil pembelajaran siswa dalam hal literasi dan numerasi, khususnya di jenjang pendidikan dasar. (BD)

     

    Comments

    Nama  
    Email  
    Komentar  
    Komentar Anda akan muncul setelah disetujui oleh Admin
  • web design by javwebnet