• Unpad dan UPI, Masih Buka Jalur Mandiri Mahasiswa Baru

  • Berita  
  • 67233 view  
  • 101 comments
  • Bandung, BEDAnews

    Universitas Padjajaran (Unpad) pada tahun ajaran 2012/2013 mendatang akan menerima kuota penerimaan mahasiswa baru melalui jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) sebanyak 7.325 orang. Namun dari kuota tersebut, pihak universitas mengalokasikan untuk penerimaan melalui jalur mandiri sebesar 39,03 persen atau 2.504 orang.

    Menurut Kepala UPT Humas Unpad Weny Widyowati, kuota penerimaan mahasiswa Unpad tahun ini, hampir sama dengan tahun lalu dengan proporsi 60 persen jalur SNMPTN dan 40 persen adalah jalur mandiri.

    “Sekitar 4.812 mahasiswa akan diterima melalui jalur SNMPTN dan membuka penerimaan mahasiswa baru melalui jalur mandiri sebanyak 2.504 mahasiswa. Namun untuk metode seleksi jalur mandiri juga sama yakni terintegrasi dengan SNMPTN,” ujarnya kepada wartawan di Bandung, Jumat (27/4).

    Sementara itu Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) pada tahun ajaran depan juga akan menerima sebanyak 8.341 mahasiswa melalui jalur SNMPTN, diantaranya sebanyak 2.337 orang mendapatkan kuota masuk melalui jalur mandiri. Selain penerimaan model jalur lain sebanyak 1.495 orang, kerjasama 24 orang dan pendidikan profesi 115 orang.

    Rektor UPI, Prof Sunaryo Kartadinata mengatakan, penerimaan mahasiswa baru di UPI juga tetap melalui seleksi yang terintegrasi melalui SNMPTN. Setiap peserta yang akan mengikuti jalur mandiri harus terdaftar dan ikut SNMPTN terlebih dahulu.

    “Hasil dari tes SNMPTN inilah yang akan dijadikan bahan seleksi untuk jalur mandiri UPI dan Unpad. Dalam prakteknya, calon mahasiswa yang tidak lolos tes SNMPTN masih ada peluang untuk masuk jalur mandiri,” katanya.

    Sehingga kata dia, calon mahasiswa ini tidak perlu lagi mengikuti tes. Seleksinya bisa dilihat dari hasil tes SNMPTN, dengan kata lain cukup satu kali tes. Semua seleksi tes terintegrasi dalam satu saringan masuk melalui SNMPTN.

    “Dengan permberlakuan sistem baru ini, UPI bisa melakukan efisiensi terutama biaya. Bahkan dengan cara tersebut, seleksi juga akan lebih mudah karena sudah dari hasil tes SNMPTN. Terlebih seleksi SNMPTN sudah teruji dan memiliki standar secara nasional,” paparnya.

    Prof Sunaryo juga menerangkan, pada tahun ajaran 2012/2013 ini, jalur mandiri akan dibuka dan pastinya ada juga persyaratan khusus untuk beberapa jurusan. Namun untuk tahun depan pihaknya belum bisa memastikan, apakah jalur mandiri masih akan tetap ada atau tidak. “Yang jelas kami tidak akan menaikkan biaya pendidikan di UPI pada tahun ini,” imbuhnya. (Rosan)

    Comments

    Neva | 2017-05-12 22:12:31

    Mohon informasinya kapan diadakan pmb jalur mandiri unpaf untuk jurusan sastra rusia? Terima kasih.

    wahyu | 2017-04-02 19:38:48

    maaf mau nanya, kalo pendaftaran jalur mandiri upi kapan mulai dibukanya?

    riana | 2016-06-09 11:07:35

    Sampai kapan pendaftaran terakhir unpad di tahun ini
    Bagai mana cara daftar langsung di lokasi
    Mohon info nya
    Makasih

    riana | 2016-06-09 11:07:07

    Sampai kapan pendaftaran terakhir unpad di tahun ini
    Bagai mana cara daftar langsung di lokasi
    Mohon info nya
    Makasih

    Chusna | 2016-05-27 21:06:13

    kalau jalur mandiri buat tahun 2016 ada gaa buat fkg? dan berapa biaya nya

    yanti purtiul | 2016-05-27 12:22:36

    assalamualaikum..... mf k apa pendaftaran jalur mandiri masih buka ..??? n tutupnya kapan ya

    Annisa tiara maharani | 2016-05-19 14:40:27

    Mohon informasi baiay jalur mandiri untuk jurusanan hukum unpad?

    Dedy supriadi | 2016-05-08 07:59:45

    mohon infonya untuk pendaftaran jalur mandiri UNPAD tahun 2016 kapan di bukanya

    Muchamad Rezky Dwi Putra | 2016-03-01 00:06:34

    Assalamuallaiku... k saya mohon minta info jalur pendaftaran mandiri di UNPAD mohon bantuanya k gimana caranya ? Makasih...

    hafsah khoerunnisa | 2015-07-28 20:58:54

    apakah info ini benar UNPAD dan UPI masih buka jalur mandiri untuk mahasiswa baru tahun akademik 2015/2016??

    rilly | 2015-07-16 16:03:32

    kapan di buka jalur mandiri UNPAD untuk jurusan kedokteran ?

    F. Askoro | 2015-07-10 09:10:23

    mohon informasi pendaftaran jalur mandiri apa masih ada

    agus Sumarwan | 2015-06-28 08:08:45

    apa UNPAD masih nerima pendaftaran mahasiswa baru

    Hilarius | 2015-06-19 09:06:26

    semangat pagi UNPAD, mohon info jalur mandiri kapan buka pendaftaran, kuota utk kedokteran masih brp% (brp orang)?

    reynaldi | 2015-06-13 17:03:34

    saya melihat pendaftaran seleksi mandiri UPI dimulai tgl 11 juni sampai 30 juli tetapi setiap diakses pendaftaran selalu tertutup dan di tulis SM UPI, kenapa ya tolong di berikan penjelasan.

    nurul fitria indriyanti | 2015-06-11 19:58:24

    maaf saya mau tanya, pendaftaran UM ke UPI dan UNPAD sudah ditutup apa belum?? jadwal pendaftaran dan akhir pendaftarannya kapan??

    Riska Yunita | 2015-06-10 12:02:09

    Assalamualaikum..
    kakak kalau untuk jalur mandiri bisa untuk bidikmisi?
    mohon infonya..

    Ninik Wijayanti | 2015-06-01 19:43:59

    maaf mau tanya berapa kira-kira biaya jalur mandiri untuk jurusan akutansi unpad? dan kapan pelaksanaan tesnya?

    riska | 2015-05-21 12:40:47

    asslmkum,,
    kakak kapan di buka pendaftaran upi or unpad??? pngen tahu informasinya mkasih...

    nurul chaerun nisa | 2015-05-16 23:54:46

    Assalamualaikum.... mohon maaf saya maw konfirmasi tentang pendaftaran jalur mandiri dibuka kapan terus yang pendaftaran online untuk jalur mandiri apa bener tanggal 22 juni terakhir kalau setelah lebaran apa masih di buka jalur man diri trimakasih
    Wassalam

    desri rahayu mulya | 2015-05-10 13:33:50

    Tanggal berapa di buka nya jalur mandiri unpad sama upi mohon beritanya

    bagas | 2015-05-09 19:02:13

    kapan jalur mandiri upi dibuka ?

    agus | 2015-04-28 09:09:05

    saya terlambat mengikuti jalur snmptn apakah bisa mengikuti jalur ,mandiri dan gimana caranya

    elis nita sri rahayu | 2015-04-20 22:01:16

    Ass.punteun waleranna.
    Masih ada ga kesempatan buat masuk ke upi/unpad untuk saya yang lulusan 2014 ? Dengan melalui jalur sbmptn .?

    elis nita sri rahayu | 2015-04-20 21:47:14

    Ass.mau tanyak apa msih ada peluang untuk masuk di upi/unpad untuk lulusan tahun ajaran 2013-2014 ???mhon infonya ya .

    urwah | 2015-02-07 07:54:07

    kapan pendaftaran upi dibuka??

    Reva Nurdiana | 2015-01-28 10:47:45

    berapa biaya masuk jalur mandiri

    lulu kamilatul fitri | 2015-01-17 08:04:43

    mohon info nya untuk jalur mandiri di unpad bandung untuk jurusan teknologi design grafis ? dan mohon untuk info beasiswa nyya .. makasih

    akhmad ridwan | 2014-08-11 09:15:42

    Apa UPI dan UNPAD masih menerima siswa baru gelombang terakhir,...terima kasih . Mohon infonya

    vany | 2014-07-24 17:45:02

    Kapan jalur mandiri unpad di buka ??

    erna fauzia | 2014-07-23 00:00:19

    tanggal brapa pendaftarn jalur mandri di unpad di tutup

    A.wahyudi | 2014-07-18 06:28:19

    Yth,kpd pnitia SM-UPI
    Bagai mana cara2 mngikuti sleksi mandri di UPI,n apa saja psyaratn nya, dan jga brapa biaya nya?

    luppy danuri | 2014-07-17 14:10:40

    ass. mau nanya kalo jalur mandiri unpad kapan yaa?

    diani mariam | 2014-07-17 13:02:35

    maaf sebelumnya pak/bu ,apakah tahun sekarang di buka jalur mandiri buat UNPAD

    Siti nurhasanah | 2014-07-17 04:51:38

    Assalamualaikum
    maaf pak/bu, untuk tahun ini pendaftaran jalur mandiri di UNPAD mulai tanggal berapa?
    Buka pendaftaran online tidak?
    terimakasih
    wassalam

    maya oktaviana | 2014-07-16 21:24:58

    Ass. Mhon info nya klo d unpad msih ada jalur mandir ga? Kpan di ttup nya?

    aini | 2014-07-16 19:15:22

    Ass..
    Kira-kira kapan tutup jalur mandiri untuk unpad
    Adx saya Ṁ̭̥̈̅̄ǟʊ̈̇ daftar
    Mohon jawabany segera
    Thanks

    supar | 2014-07-16 12:09:09

    mohon informasi masih kah ada pendaftaran tuk jalur mandiri

    ajeng anfy | 2014-07-14 13:22:59

    Mohon info.a pendaftaran dan biaya jurusan farmasi

    yenni | 2014-07-04 16:02:35

    aslm... mas/mbak mohon maaf untuk info yang kurang lengkap ini tolong diperbaiki
    untuk selanjutnya tolong dicantumkan info yang lebih lengkap lagi terutama mengenai tanggal pendaftaran-akhir tanggal pendaftaran, kemudian berapa dana yang dibutuhkan, di kota mana saja diadakan test/ujiannya, kapan dilaksanakan ujian tulisnya. supaya tidak pada bertanya-tanya lagi
    atas perhatiannya saya ucapkan terimakasih...

    palah | 2014-07-01 13:30:58

    Kapan pendaftaran jalur unpad dibuka?
    dan tanggal berapa pendaftaran jalur mandiri di unpad tutup???
    dan juga berapa biyaya regisnya?
    mohon jawabannya, terimakasiah.

    Ghina Siti Ramadhanty | 2014-06-30 11:26:16

    Tahun 2014 UNPAD MENIADAKAN UJIAN TULIS MANDIRI http://m.okezone.com/read/2013/06/06/373/818360/unpad-tak-selenggarakan-ujian-mandiri

    Karina Diah | 2014-06-25 07:38:51

    Tahun 2014 ini, unpad ngadain jalur mandiri ga ? Kalau ada, prosesnya seperti apa dan tanggal berapa mulainya ? Mohon bantuannya ya, terima kasih :)

    rahma | 2014-06-20 13:56:54

    Mohon informasi Um unpaf d buka smpai kpan ya ??
    Untuk farmasi apa sja persyaratannya ??trima kasih jawabannya

    yuke sulastri.s | 2014-06-13 09:34:05

    aslkm mau nanya pak/bu,apakah tahun 2014 ini masih membuka jalur mandiri unpad ?mksh

    Budi Priatna | 2014-06-10 17:50:57

    Mau tanya informasi pendaftaran jalur mandiri UNPAD sastra jepang dan UPI administrasi kantor kapan dibuka pendaftaran dan berapa UKT nya serta biaya persemesternya dan pakah ada sumbangan2 seperti sebelum diberlakukannya UKT, ditunggu infonya dan terima kasih banyak.

    naufalervina | 2014-06-05 21:01:14

    tanggal berapa pendaftaran jalur mandiri di unpad tutup???

    grace ginting | 2014-06-04 10:34:11

    Kapan pendaftaran jalur unpad dibuka? Lalu berapakah biaya mandiri fkg? Terimakasi

    eka kurniawan | 2014-06-02 10:33:59

    mohon informasi pendaftaran jalur mandiri sampat tgl berapa,trus smapai gelombang brapa??? (unpad)

    eka kurniawan | 2014-06-02 10:32:43

    mohon informasi pendaftaran jalur mandiri sampat tgl berapa,trus smapai gelombang brapa??? (unpad)

    Millah | 2014-05-29 07:59:10

    Min jalur mandiri S1 kan ya?terus SMUP itu cuma buat d3 atau S1?

    imelda fitriyana | 2014-05-27 13:48:08

    ass....
    minta info persyaratan dan tanggal jalur mandiri di unpad fakultas kebidanan
    makasih

    eliza rizky amelia | 2014-05-26 11:15:40

    tanggal berapa ujian mandiri UPI jurusan PGSD,
    mohon infonyah,,
    terima kasih

    husny aldiansyah | 2014-05-18 13:20:31

    kapan jalur mandiri di buka ,di unpad,dan berapa biaya pendaftaran serta ,uang persmester yang harus di keluarkan,mohon di jelaskan se detailnya

    Witsqa Nur Azizah | 2014-05-12 12:57:54

    Tgl brpa jalur mandiri UNPAD dibuka...???? dan daya tampung untk jurusan farmasi brpa...??

    eka muria sari | 2014-04-26 14:52:56

    mhon info nya pendaftaran jalur mandiri KEBIDANAN

    Ai Novi Oktavianty | 2014-04-22 11:27:31

    Kapan unpad menerima pendaftaran mahasiswa baru.Mohon infonya.

    Ai Novi Oktavianty | 2014-04-22 11:27:25

    Kapan unpad menerima pendaftaran mahasiswa baru.Mohon infonya.

    Indrian wiranda | 2014-03-31 10:33:59

    Kapan jalur mandiri di unpad dibuka? Makasih

    sandi pranata | 2014-03-02 09:47:31

    Assalamualaikum .
    sebelumnya saya mohon maaf jika kata kata saya kurang sopan .
    Saya ingin bertanya apakah di unpad bisa menerima lintas jurusa ?
    Dan jika bisa berapa persenkah peluangnya ?
    Mohon jawabannya .
    terima kasih

    dila syafni | 2014-01-27 16:25:45

    Assalamualaikum wr.wb
    Maaf,saya ingin tahu tentang informasi pendaftaran,syarat,serta ketentuan2 lainx lebih jelas d siarkan...
    Terima kasih..
    wassalam..

    Azka Alim Mulyantoro | 2013-08-22 08:49:46

    Kepada
    Yth. Ketua Panitia SNMPTN UPI dan UNPAD

    Dengan hormat,
    Saya mendengar ada SNMPTN gelombang II, mohon informasinya apakah hal ini benar dan jika benar bagaimana cara mendaftarnya dan berapa biayanya serta kapan batas waktunya?

    Atas perhatian dan informasinya dihaturkan terimakasih,

    Salam
    Azka AM

    Gabriele | 2013-08-18 10:56:00

    5-12-12kumaha damang bnorkmeetar: supaya bisa lolos yah dengan usaha dan doa.selain itu, coba dibiasakan tuk mengerjakan soal2 psikotes. karena kebanyakan soalnya seperti itu yang mengajak nalar dan logika. sebenarnya soal2 nya ndak susah, cuma kita harus teliti saja. lebih baik memperkuat bahasa inggris dan matematika. kebanyakan soal2 seperti itu.tuk ikut ujiannya minimum rata2 nilai kelulusan harus diatas 7,1. mendaftar tuk ujiannya : mentransfer biaya ujian ke rek BPPK (badan pendidikan dan pelatihan keuangan) sebesar Rp 100.000, lalu pendaftaran ulang di aula stan bintaro sambil bawa fotokopi surat tanda kelulusan, fotokopi transfer rekening ujian, foto berwarna background merah 3 lembar. jangan kaget kalau pas disana dah digalak2in sama yang tugasnya.terus ini formulir prioritas Diploma 1 atau diploma 3. dengan jurusan masing2. lalu ke bagian validitas, terus ke bagian nomor ujian.untuk wilayah jakarta ujian dilaksanakan di Gelora Bung Karno, tuk daerah lain di sekolah2 negeri/swasta. lihat hasil ujian di Kampus Stan Bintaro Langsung / lewat situs BPPK.STAN adalah sekolah kedinasan dibawah naungan Departemen Keuangan, dengan para kelulusannya menjadi Pegawai Negeri Sipil (depkeu), dengan 2 program diploma. untuk diploma 1 dengan jurusan : Perpajakan, kebendaharaan Negara, Bea dan Cukai. untuk diploma 3 dengan jurusan : Akuntansi, Perpajakan, Kebendaharaan Negara, Penilai (PBB), Bea dan Cukai, kepiutang lelangan.dimana tuk standar kelulusannya, IPK tidak boleh < 2,60.FYI : dapat ipk segitu tak mudah. kebanyakan di tahun2 pertama banyak yang drop out. setahu saya ada ditahun pertama 2 kelas sekaligus dihilangkan karena drop out mahasiswanya.selebihnya ikuti aturan yang ada selamat mencoba, ..best regards. +3Apakah jawaban ini berguna buat anda?

    indra | 2013-08-13 15:43:32

    sekarang masih ada pendaftaran unpad?

    gianza | 2013-08-08 16:38:09

    mat sore .apakah masih membuka pendaftaran siswa baru? Mohon jawabanya. tks

    Hesti nurfiqriah | 2013-07-28 08:37:31

    Min, berarti kalau engga lolos SNMPTN di UPI terus nyoba ikut jalur mandiri, itu kita ga test tertulis gitu min? jadi diliat dari hasil SNPTN dong min?

    Pengamat Jagad | 2013-07-15 00:05:47

    mohon informasi UM-Mandiri Unpad apakah masih ada kesempatan utk anak saya,dan kira2 tgl brapa ya?

    DM | 2013-07-10 22:05:00

    keterangan buat sm upi bisa liat di sm.pmb.upi.edu

    A. Rachman | 2013-07-10 13:41:52

    Biaya masuk SM UPI prodi Manajemen S1 berapa ya?

    yuli | 2013-07-09 21:13:07

    kalau biaya masuk UPI jalur UM brp y untk pendidikan matematika? trus untuk yg pernh kuliah d tempat lain nilai.a bisa d konversi g? mksh

    Junita | 2013-07-09 08:29:13

    Ass..
    Kalo untuk pendaftaran jalur Mandiri berapa ya?
    Tolong konfirmasinya..

    Leila Septina | 2013-07-09 06:25:41

    Biaya kuliah melalui jalur SM di UPI ajaran 2013/2014 berapa ya? Terimakasih.

    Wina wilopan | 2013-07-08 23:01:03

    Kapan ea ujian mandiri, unpad diselenggaraka. Mohon info nya,?

    Wina wilopan | 2013-07-08 23:00:35

    Kapan ea ujian mandiri, unpad diselenggaraka. Mohon info nya,?

    nia | 2013-07-08 22:14:19

    Kapan Um upi dibuka?

    almi bela yusinia | 2013-07-08 17:36:30

    biaya um upi berapa min tahun skrg?plis baleeesss

    Chyntia | 2013-07-08 12:33:14

    Asw..
    Min bleh tnya nggak?
    Masuk upi jalur mandiri tahun 2013 pake tes tertulis nya nggak? Trms

    indut | 2013-06-30 21:34:29

    berapa biaya dan kapan dibukanya jalur mandiri di unpad jurusan Farmasi ??

    fatiesia westin | 2013-06-30 13:14:30

    min, biaya untuk um upi berapa dan um unpad tanggal berapa dibukanya?

    adho | 2013-06-29 15:01:48

    assalaualaikum,,,
    apa sdi unpad masih ada pendaftaran,klo memang ada kpan waktu pendaftarannya.?

    Dimas aji saputro | 2013-06-23 18:21:43

    Kapan di buka lage pendaftaran/apakah ada gelombang 2 tau 3

    wandi muhamad | 2013-06-18 21:55:26

    apakah pndftran masih di buka???

    Saroha Fernandus | 2013-06-17 06:41:52

    kpan di buka jalur mandirinya ? syratnya apa aja?
    Ikut jalur mandiri ini memakai tes kah ?.
    Mohon infonya

    titin | 2013-06-12 20:00:53

    min mau lihat biaya UM UPI tahun 2013 dmana yaa?? mohon infonya

    yenny anggraeni | 2013-06-11 11:34:28

    kapan unpad mulai buka lagi pendaftaran seleksi mandiri setelah tgl 20 mei 2013 di tutup ???????
    mohon jawabannya di tunggu


    trimakasih

    sanzani | 2013-06-11 11:18:37

    untuk pendaftaran unpad jalur mandiri kapan kana d buka dan di laksanakan??
    persyaratan dan baiaya nya apa saja dan berapa??
    mohon d jelaskan y yang detail

    sharah Rahmawati | 2013-06-10 15:18:20

    Jadi untuk tahun 2013 ini UPI meggunakan sistem dr snmptn? Lalu tidak ada tes tertulis? Ditunggu balasanya. Thanks before

    Amalia Ramadhani | 2013-06-02 13:54:32

    brp biaya dan tgl pendaftaran UM di UNPAD jurusan ilmu perpustakaan? dan berapa harga formulirnya. satu lagi, cara pembelian formulir UM UPI dimana ya dan berapa harga formulirnya? Terimakasih :)

    siti habsiah | 2013-05-29 16:24:02

    kalau sebelumnya aku daftar SNMPTN nya di univ.lain trs daftar SBMPTN ke UPI bisa gak yh..?
    trs ujian tulisnya di mulai kpn?

    agung mulyana | 2013-05-20 14:29:43

    smptn jalur seleksi tulis kapan dan gimana pendaftarannya? makasih

    shintya | 2013-05-16 18:48:40

    pendaftaran ujian mandirinya dibuka kapan?

    Wulan Febryan | 2013-04-26 11:00:37

    gimana cara masuk jalur mandiri ?

    Giani | 2013-04-23 18:02:36

    Kalau ga ikut jalur SNMPTN bisa ga daftar ke upi?

    Syifa khaerimah | 2013-04-01 12:13:27

    minta infonya pendaftarannya kapan?

    abila zainatul millah | 2013-03-29 09:11:00

    maksudnya SNMPTN tertulis atau undangan??kalau mau ikut tes tertulis snmptn tertulis gmn caranya??trus kapan?terima kasih

    urif | 2013-03-26 21:25:07

    kapan jalur mandiri dibuka untuk upi????

    ranie | 2013-03-21 19:58:21

    aslm,,,mav mau nanya pak/bu ,,,saya lulusan tahun 2010
    apakah saya msh bisa ikutan SBMPTN ??dan jadwal ujian mandiri di UPI kapan ya??trimakasih

    iiermha akHir | 2013-03-21 11:09:39

    Kapan jalur mandiri terbuka buat smua PTN . Mohon info.nya

    Muhammad Fakhri | 2013-03-18 18:31:28

    mohon info pendaftaran jalur mandiri jurusan hubungan internasional...tanggal,syarat dan biaya...

    Erlina Mulyasari | 2013-03-17 17:53:40

    mhon informasi biaya Jalur Mandiri utk jurausan Geologi (Unpad)

    cimel | 2013-03-08 02:02:02

    tgl berapa unpad buka pendaftaran

    Nama  
    Email  
    Komentar  
    Komentar Anda akan muncul setelah disetujui oleh Admin
  • web design by javwebnet