• Usulan Pembangunan Dan Pemeliharaan Irigasi Persawahan Muncul Pada RKP Desa Kujang 2019

  • Berita  
  • 83 view  
  • 0 comments
  • Ciamis.BEDAnews

    Beberapa usulan strategis muncul pada sidang Musyawarah Desa (Musdes) penyusunan Rencana Kerja Pemerintah (RKP) Desa Kujang untuk tahun anggaran 2019, yakni  pembangunan irigasi persawahan, normalisasi saluran irigasi Cikadu dan pembangunan rabat beton. Usulan pembangunan demi  memperlancar air irigasi menuju lahan pertanian warga sehingga meningkatkan produktivitas pertanian, pun peningkatan kesejahteraan warga.

    Musdes penyusunan RKP Desa Kujang untuk tahun anggaran 2019, yang digelar Jumat (3/8/2018) di Aula Desa Kujang Kecamatan Cikoneng Ciamis ini merupakan agenda strategis desa  dihadiri Camat Cikoneng, Penjabat Kepala Desa Kujang, Ketua BPD, Bhabinkamtibmas, Babinsa, Perangkat Desa, anggota BPD, LPM, perwakilan kelompok masyarakat, tokoh agama, tokoh masyarakat dan tokoh perempuan Desa Kujang dengan komposisi 57 laki-laki dan 13 orang perempuan.

    “Musdes adalah satu syarat dari siklus desa,” kata Camat Cikoneng, Wawan Ruhiyat saat memberi sambutan pada pembukaan musdes. Sesuai dengan siklus desa, musdes adalah salah satu tahapan dalam pembangunan desa. “Dokumen RKPDesa adalah dokumen perencanaan yang harus ada di desa, maka rencanakanlah pembangunan tahun depan sesuai dengan kebutuhan bukan berdasarkan keinginan “ pesan Camat yang sudah lebih dua tahun menjabat di Cikoneng ini.

    Tahun 2019 nanti Desa Kujang akan membangun dari sumber pendapatan transfer berasal dari Dana Desa, Alokasi Dana Desa (ADD), Bantuan Keuangan Propinsi, Bantuan Keuangan Kabupaten dan Bagi Hasil Pajak dan Retribusi. Dimana dana transfer tersebut adalah stimulus dari Pemerintah untuk membantu pembangunan desa dan tidak ditujukan untuk menghilangkan budaya gotong royong yang tumbuh di desa.

    Penjabat Kepala Desa Kujang, Dedi Rusmadi menghendaki partisipasi warga terus ditingkatkan meski dana transfer mengalir ke desa. "Dana transfer dari pemerintah besar, partisipasi warga dan gotong royong harus tetap ada,” katanya menyingkapi perubahan pola dan sikap warga yang kian hari kian bersikap indipidualis dan apatis.    (abraham)

    Comments

    Nama  
    Email  
    Komentar  
    Komentar Anda akan muncul setelah disetujui oleh Admin
  • web design by javwebnet